Hujan Turun, Jalan Bandung-Garut Tergenang, Langganan Banjir

CIMANGGUNG – Hujan yang mengguyur wilayah Barat Kabupaten Sumedang membuat sebagian badan jalan di wilayah Kecamatan Cimanggung, kembali tergenang air.

Seperti yang terjadi di Jalan Bandung-Garut tepatnya di Dusun Warung Cina, Desa Mangunarga, Kecamatan Cimanggung. Akibat derasnya hujan, jalan nasional itu kembali terendam setinggi lutut orang dewasa.

Akibatnya, kendaraan yang menuju arah Parakanmuncang-Nagreg-Garut tersendat. Begitu pun sebaliknya sekitar wilayah Bandung juga terjadi kemacetan parah.

Ratusan kendaraan baik roda dua mau pun roda empat harus menurunkan laju kendaraan saat melintasi ruas jalan tersebut. Bahkan, sejumlah kendaraan roda dua mogok karena nekat menerobos banjir.

“Sejak hujan pukul 12.50, banjir mulai merendam ruas jalan sekira pukul 14.45. Ketinggian banjir pun mencapai lebih dari 30 centimeter,“ terang Edi Parman (49) Ketua RT 02 Dusun Cikijing, Desa Mangunarga, Kecamatan Cimanggung.

Dikatakan, banjir yang merendam ruas jalan tersebut merupakan banjir musiman. Salah satu penyebab banjir adalah tidak berfungsi drainase yang ada di kedua ruas jalan tersebut. Pasalnya, drainase tersebut ada yang mampet.

“Banjir sering terjadi diakibatkan dari luapan dari air  Sungai Cikijing dan Sungai Cimande. Meski demikian, banjir yang terjadi kali ini tak separah banjir beberapa bulan ke belakang,” tuturnya.

Pihaknya menuding pemerintah tidak serius dalam melakukan penanganan di ruas jalan tersebut. Dengan kondisi yang seperti itu, banyak warga dan pengguna jalan mengalami kerugian.

“Tidak ada penenanganan yang pasti oleh pemeritah soal banjir ini. Akibatnya warga yang dirugikan, namun masih beruntung saat ini banjir hanya menggenangi ruas jalan dan tidak sampai masuk perkampungan,” pungkasnya. (kos)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.