IDENTIFIKASI KEGANDAAN

Peliput/Editor: SOBAR/SUMEKS

IDENTIFIKASI KEGANDAAN

DITEMUI: Anggota Komisioner KPUD Sumedang Elsya Tri Ahaddini saat ditemui di sela-sela kegiatannya, kemarin.

KPU Periksa Nama Anggota Partai Politik

KOTA – KPU Sumedang, akan melakukan identifikasi kegandaan partai politik (parpol) jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Identifikasi kegandaan parpol merupakan proses untuk memeriksa anggota yang namanya tercantum lebih di satu parpol. Atau terdata beberapa kali di parpol yang sama, baik itu pengurus maupun anggota biasa.

“Cara identifaksinya ya pemeriksaan anggota parpol melalui penelitian administrasi,” kata salah satu Komisioner KPU Sumedang Elsya Tri Ahaddini, kemarin (1/11).

Elsya menjelaskan, tujuan dari identifikasi parpol sebagai rangkaian proses pendaftaran dan verifikasi parpol yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Sekarang yang mau diidentifikasi kegandaan ada 19 parpol. Dan setelah dicek kemarin, kegandaanya ada sekitar 1.043 yang sudah terdeteksi. Tetapi yang akan didatangi secara door to door sebanyak 448,” ujarnya.

Adapun yang banyak teridentifikasi oleh KPU, rata-rata terjadi pada anggota partai politik. Bahkan yang paling dominan, ada 89 kegandaan dari satu parpol. Sementara yang paling sedikit ada satu kegandaan dari satu parpol.

“Tapi kami tidak bisa menyebutkan nama parpolnya. Intinya, kami sudah agendakan akan ditargetkan selama tiga hari. Bila tidak bisa ditemui orangnya, kami akan meminta LO parpol untuk bisa dihadirkan,” tutur Elsya.

Disamping Itu, melalui identifikasi kegandaan juga, untuk memenuhi syarat atau tidaknya keanggotaan parpol. Hal itu dikarenakan, ada beberapa lapisan masyarakat yang tidak boleh masuk ke dalam struktur kepengurusan sebuah partai politik. Seperti ASN, TNI, Polri dan yang tidak memiliki e-KTP atau Suket.

“Dari 1.043 itu yang dominan itu namanya tercantum di beberapa parpol. Kalau yang terdata beberapa kali di parpol yang sama itu sudah dibersihkan oleh sipol. Dan itu dari pusat, bukan di kita,” terangnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.