Ika Unpad Peduli, Beri Bantuan Alat Tulis

Peliput/Editor: sobar bahtiar

Ika Unpad Peduli, Beri Bantuan Alat Tulis

Sekjen Ika Unpad Pusat, Donni Sutardiana bersama Ketua Komda Ika Unpad Kabupaten Sumedang, Moh Agung Nugraha, membagikan alat tulis kepada sejumlah siswa SD yang berada di pengungsian Makodim 0610, Rabu (28/9).(SOBAR BAHTIAR/SUMEKS)

KOTA – Ikatan Alumni (Ika) Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, turut andil dalam memberikan motivasi terhadap anak sekolah korban bencana longsor di Sumedang. Kegiatan tersebut, merupakan salah satu bagian dari program Ika Unpad, diantaranya pengabdian terhadap masyarakat.

Sekjen Ika Unpad Pusat, Donny Sutardiana lulusan Fakultas Ilmu Budaya Unpad, menjelaskan salah satu program dari pengabdian masyarakat tersebut. Itu berupa konsen terhadap masalah bencana dan beasiswa.

“Karena ada kejadian ini, kita inisiative bikin Ika Unpad peduli bencana Garut dan Sumedang. Lalu kita buka rekening untuk donasi dan pengumpulan barang. Kita buka di Jalan Singaperbangsa Nomor 1, Kota Bandung. Kalau yang di Sumedang, kita poskonya sementara di Kopi Progo,” katanya kepada Sumeks, Rabu (28/9).

Untuk Kabupaten Sumedang, sebut Donny, jika Ika Unpad hanya fokus pada pendidikan. Jadi selain memberikan motivasi, Ika Unpad juga turut memberikan bantuan alat tulis kepada ratusan siswa SD di lokasi pengungsian Makodim 0610.

“Sementara, kita fokus pendidikan untuk wilayah Sumedang. Makanya kita juga berikan paket alat tulis sebanyak 240 paket, termasuk buku mewarnai,” ujarnya.
Ika Unpad menilai, jika penanggulangan korban bencana di Makodim, sudah terbilang bagus. Namun dengan kondisi saat ini, pemerintah daerah harus lebih konsen terhadap penanganan daerah-daerah rawan bencana.

“Dari sisi koordinatif penanggulangan bencana, Sumedang sudah bagus dengan terpusat di Kodim. Namun hal yang paling dihawatirkan, ketika musim hujan ini. Hawatir aja seperti kejadian dulu ketika Cadas Pangeran yang terkena imbas kena longsor. Oleh karena itu, daerah tertentu harus bisa jadi sorotan yang lebih, dibandingkan daerah lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komda Ika Unpad Kabupaten Sumedang, Moh Agung Nugraha, berharap agar sumbangan yang telah diberikan Ika Unpad, dapat tersalurkan dengan baik kepada para korban bencana longsor.

“Kita menggalang kepedulian dari sesama alumni yang tergabung kedalam Ika Unpad Ngahiji. Dari situ diharapkan, kepedulian itu bisa tersalurkan kepada yang membutuhkan. Karena dengan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.