IMB Kampung Geulis Ditangguhkan

Peliput/Editor: Engkos

IMB Kampung Geulis Ditangguhkan

BERSIHKAN: Warga membersihkan banjir lumpur di Dusun Cipareuag Desa Sukadana Kecamatan Cimanggung karena imbas pembangunan Perumahan Kampung Geulis. (Foto: DOK SUMEKS)

**Izin Terancam Dicabut

 CIMANGGUNG – Pasca jebolnya beronjong penahan tanah pada proyek pembangunan Perumahan Kampung Geulis yang sedang dalam proses cut and fill yang mengakibatkan banjir lumpur di Dusun Cipareuag RT 03 RW 06 Desa Sukadana, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) menangguhkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Atang Sutarno mengatakan pihaknya bukan saling menyalahan tetapi kita mencari solusi yang terbaik.

“Disini  sudah terjadi peristiwa, satu kerugian buat masyarakat juga mungkin kerugian bagi pengusaha juga.  Kami dari DPMPTSP, menangguhkan IMB nya,” katanya.

Meski, kata dia, persyaratannya sudah lengkap, tetapi karena terjadi kejadian ini, ada beberapa hal yang belum dan dilaksanakan secara benar. Oleh karena itu, menurut Atang, IMB nya ditangguhkan dulu.

“IMB nya sudah  ada, sudah kita buat, tetapi kita tangguhkan sampai ada sikap baik dari pengembang untuk menyelesaikan UPL UKL termasuk penanganan masalah penjaring banjir,” kata Atang.

Kalau masalah rencana tata ruang wilayah (RTRW), ditambahkan Atang, DPMPTSP berdasarkan saran teknis dari tim teknis dinas terkait,  mulai dari Dinas Perumahan, Dinas PUPR, berarti secara administrasi  kita mengolahnya, dan itupun jika kita tidak nerima kita ke lapangan secara bersama dengan tim teknis tersebut.

Ditambahkan Atang, langkah awal tidak menutup perumahan ini, tetapi menangguhkan dulu IMB nya. Kecuali kalau dikemudian hari pengembang tidak kooperatif, tidak menutup kemungkinan akan dicabut perizinannya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.