Ineu: Jatigede Berpeluang Maju

Ineu: Jatigede Berpeluang Maju

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari.(ASEP NURDIN/SUMEKS )

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

KOTA – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, untuk menjaga kelestarian budaya, harus ada hubungan sinergitas baik antara pemerintah daerah, legislatif maupun para pelaku budaya.
Salah satunya dengan menggelar hearing dialog atau dengar pendapat serta diskusi untuk menyerap aspirasi warga yang notabenenya sebagai seniman atau budayawan.

“Kami juga berkomitmen bersama para tokoh masyarakat yang hadir, bukan hanya untuk komunitas atau pelaku budaya saja,” katanya kepada sejumlah wartawan dalam acara Hearing Dioalog, Kamis (26/7).

Kata Ineu, dari acara tersebut, pihaknya mendapat masukan-masukan yang bisa menjadi bagian program pembangunan yang ada di Jawa Barat.

“Dalam arti begini, meskipun pembangunan infrastruktur tetap dilakukan, tapi cagar alam dan cagar budaya harus tetap dilestarikan,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, tidak menutup kemungkinan, potensi yang ada bisa dijadikan kawasan pariwisata lokal seperti di kabupaten lainnya.

“Untuk Kawasan Jatigede, tadi ada yang menyampaikan ada rencana yang akan dilakukan Satker, setidaknya ini menjadi masukan,” katanya.

Nantinya, lanjut Ineu, pihaknya bersama Komisi V dan Komisi IV akan menindak lanjuti rencana tersebut ke pusat.

“Bagaimana tindak lanjutnya. Katanya pernah ada anggaran yang akan diturunkan, jadi kita upaya kan harus ditarik lagi,” tuturnya.

Minimal, lanjut dia, harapan masyarakat terkait dengan museum Jatigede. “Jadi ketika orang datang itu bukan hanya melihat air di Jatigede saja, tapi harus ada sarana penunjang lainnya,” kata Ineu.

Apalagi setelah ada bandara, menurutnya Jatigede setidaknya dapat terimbas dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asing maupun lokal.

“Jika tidak kita persiapkan dari sekarang, maka peluang tersebut akan terhempas begitu saja,” imbuhnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.