Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dengan Para Pengusaha UMKM, Perhotelan Supermarket, Pariwisata dan Perdagangan di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (30/5). ATEP BIMO AS/SUMEKS

Ini Alasan Bupati Terapkan AKB di Sumedang

SUMEDANGEKSPRES.COM – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memastikan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang akan diterapkan telah melalui suatu proses yang saintifik, empirik serta arahan para ahli.

Kemudian, searah dengan kebijakan yang digariskan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa Kabupaten Sumedang akan menerapkan AKB. Pertama, sesuai dengan hasil kajian yang dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat bahwa Kabupaten  Sumedang masuk level 2 atau Zona Biru.

Kedua, sesuai dengan kebijakan Presiden dimana ada 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota (diluar 4 provinsi) yang akan menjalankan New Normal.

Selanjutnya, ketiga, berdasarkan hasil kajian para pakar dari ITB, Unpad dan juga Tim Gugus Tugas yang memberikan simpulan bahwa Covid-19 di Sumedang terkendali, dengan Rate of Transmision (RoT) atau tingkat penularan dibawah 1, yakni 0,913. 

“Dan alasan keempat berdasarkan data empiric dan fakta dilapangan,”  ujar Bupati saat Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dengan Para Pengusaha UMKM, Perhotelan Supermarket, Pariwisata dan Perdagangan di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (30/5).

Berdasarkan beberapa hal tersebut, Bupati merasa cukup alasan bagi Kabupaten Sumedang melaksanakan AKB.

“Jadi, cukup alasan bagi kami untuk melaksanakan AKB, Insyaa Allah,” tukasnya. (atp)