Inspektorat: Bentuk Pidana

KOTA – Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumedang, Subagio menyebutkan, pembongkaran sejumlah ruang kelas di tujuh sekolah dasar negeri yang heboh baru-baru ini, dipastikan murni bentuk tindak pidana.

Lantaran telah terjadi pengrusakan terhadap bangunan milik pemerintah, tanpa persetujuan dari dinas terkait, sebagai penanggungjawab bangunan.

”Meskipun bukan ranah kami yang menyebutkan itu (tindak pidana, Red.), namun itu bangunan pemerintah, dibongkar kemudian tidak jelas kelangsungannya. Bahkan orang yang nyuruh ngebongkarnya juga sekarang sedang diburu polisi,” kata Subagio kepada Sumeks.

Sedangkan untuk mengetahui jumlah kerugian Negara akibat kejadian itu pihaknya sudah menerjunkan tim. Mereka bertugas untuk menghitung seberapa banyak jumlah barang yang dirusak kontraktor gadungan itu.

”Kami sudah membuat surat perintah, tim kami berjumlah lima orang, mereka melakukan pemeriksaan di tujuh lokasi sekolah,” ujarnya.

Ketujuh sekolah itu, kata Subagio, SDN Manangga, SDN Baginda 1 dan 2, SDN Sukamanah, SDN Tenjo Nagara, SDN Darangdan SDN Pasarean.

”Jumlah kerugian belum bisa diketahui, karena proses penghitungan masih berjalan. Mudah-mudahan tidak lama lagi hasilnya dapat segera diketahui,” ungkapnya.

Sementara terkait sanksi yang akan diberikan kepada para kepala sekolah, pihaknya masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan timnya bersama polisi.

”Kita lihat saja nanti, seberapa besar tingkat kesalahan mereka (Kepala Sekolah, red),” ujarnya.

Satuan Reserse Kriminal Polres Sumedang, masih melakukan pendalaman terkait kasus tersebut. ”Kami belum bisa berkomentar. Kita lihat saja hasilnya nanti,” kata Kasar Reskrim Polres Sumedang, AKP Dede Iskandar.

Sementara itu, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap tujuh kepala SD, untuk dimintai keterangan. Mereka yang diperiksa polisi adalah, Eli Cuhaeli Kepala SD Manangga, Rahmat Kepala SD Baginda 1, Ali Mumuh Kepala SD Baginda 2, Lilis Ruhiyati Kepala SD Darangdan, Heni Herawati Kepala SD Pasarean, Wiwin Winasih Kepala SD Tenjo Nagara dan Agus Setiana Kepala SD Sukamanah. (nur)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.