IP Dorong UMKM Lebih Berdaya

IP Dorong UMKM Lebih Berdaya

PARTISIPASI: Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra menghadiri acara Paguyuban Seniman Spiritual dan Budayawan (Paseban) di Gedung Kesenian Kabupaten Sumedang, baru-baru ini. (FOTO : ISTIMEWA)

PEWARTA: Sobar Bahtiar/Iman Nurman

KOTA – Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra menilai, pemerintah harus mempermudah modal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM). Sebab itu, dia memandang perlu ada regulasi agar pelaku UMKM semakin maju.

“Untuk keberlangsungan industri UMKM, misalnya juga dibantu pemasaran hasil industri UMKM tersebut, dengan menggelar berbagai pameran yang digelar pemerintah,” ujar Irwansyah kepada Sumeks melalui telepon selular, Senin (31/07).

Menurut IP, sapaan Irwansyah Putra, sejatinya UMKM merupakan kekuatan perekonomian daerah yang dipersiapkan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Sebab itu, DPRD Kabupaten Sumedang akan terus mendorong lahirnya regulasi yang memudahkan akses modal bagi pelaku UMKM.

“Pelaku UMKM ini merupakan sektor real kekuatan ekonomi kerakyatan. Maka, untuk menghidupkan mereka agar bisa berkembang dan bersaing, sejatinya pemerintah dan DPRD harus menjadi yang terdepan dalam memproteksi para pelaku UMKM dengan menjadi binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” ujar IP.

Selain itu, dia melihat adanya persoalan yang sering dikeluhkan para pelaku UMKM saat ini. Di antaranya, kurangnya bantuan permodalan. Sehingga, sudah semestinya pemerintah mempermudah regulasi bagi pelaku UMKM.

“Kita akan bantu, kita genjot juga bantuan permodalan. Kasian kan mereka, sudah kreatif tapi tidak punya modal untuk memulai. Kalau untuk kepentingan masyarakat luas, kenapa mesti dipersulit. Toh tugas utama pemerintah adalah menyejahterakan rakyatnya,” sebut dia.

Dengan majunya para pelaku UMKM di Sumedang, lanjut IP, akan berdampak pada sektor lainya, seperti penyerapan lapangan pekerjaan, meningkatnya daya beli masyarakat, maupun pada pendapatan daerah.

“Kedepannya, kami di DPRD akan mengusulkan ke pemerintah untuk menyusun regulasi agar semua pelaku UMKM binaan Disperindag dapat dipermudah untuk diberikan bantuan modal. Apakah nantinya berupa dana aspirasi DPRD atau hal lain, itu akan kami rumuskan bersama. Namun, intinya kita harus di depan demi mengangkat harkat hidup masyarakat menuju Sumedang Hebat,” tutupnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.