IPI Siap Cetak Santripreneur

IPI Siap Cetak Santripreneur

USAI PELANTIKAN: Ketua DPW IPI Provinsi Jawa Barat Drs KHM Abdurrozaq L Muftiy SQ MA (dua dari kiri) dan Pengurus Harian DPW IPI Jabar H Rian J Makmur dan lainnya usai pelantikan pengurus cabang dan pengurus anak cabang IPI se-Kabupaten Sumedang.(ASEP NURDIN/SUMEKS )

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

KOTA – Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), dibentuk sebagai upaya dalam mencetak santri yang berjiwa enterpreuneur. Hal ini, dikatakan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IPI Provinsi Jawa Barat Drs KHM Abdurrozaq L Muftiy SQ MA, usai pelantikan pengurus cabang dan pengurus anak cabang IPI se-Kabupaten Sumedang, di Kantor Sekretariat IPI Cabang Sumedang Aula Pasar Semi Modern Sumedang, kemarin (1/8).

Menurut Rozak, kedepannya para pengurus DPC IPI Sumedang akan melakukan pendataan ke setiap pondok pesantren, untuk dimasukan menjadi anggota IPI.

“Nantinya kita akan membuka balai latihan kerja bagi para santri. Agar mereka (santri, red) mampu menjadi para pelaku ekonomi kreatif,” katanya.

Dengan begitu, kata Rozak, perekonomian di setiap pondok pesantren akan maju. Dan bukan hanya itu, untuk masalah perizinan usaha pun, pihaknya akan memperjuangkan hingga tuntas.

“Kita akan melobi kepada pemerintah untuk setiap perizinan usaha yang dibangun para anggota IPI,” tuturnya.

Dengan dilantiknya kepengurusan DPC dan PAC IPI Sumedang, kata Rozak, diharapkan dapat menjadi pelopor revolusi ekonomi pesantren melalui Santripreneur.

“IPI sebagai wadah pesantren, bukan hanya mengedepankan ukhuwah islamiyah dan jamiyah, tetapi juga ukhuwah waltoniyah yang wajib mengedepankan kebersamaan dalam mengikis habis isu sara serta pelaku sara,” tuturnya.

Bahkan, menurut dia, pesantren sebagai basis dakwah siap bersinergi dengan pemerintah, dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, jujur dan berwibawa.

“Kami siap mengawal amar makruf dan nahyil munkar terhadap setiap pelanggaran peraturan pemerintah,” jelasnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.