IPPAT Harus Jadi Pemecah Masalah

IPPAT Harus Jadi Pemecah Masalah

BUKA KONFERDA: Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, berfoto bersama usai membuka Konferensi Daerah (Konferda) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, Senin (18/3). (ISTIMEWA)

PEWARTA: ASEP NURDIN/IGUN/SUMEKS

KOTA – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, membuka Konferensi Daerah (Konferda) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, Senin (18/3).

Konferda kali ini bertema “Dengan Konferda Kita Tingkatkan Profesionalisme Serta Kerjasama yang Selaras dan Harmonis dengan Intansi Terkait”. Wabup berharap dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan menghasilkan output positif berupa penguatan organisasi, dalam konteks memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung berbagai program dan kebijakan pemerintah.

“Keberadaan IPPAT di Sumedang sebagai mitra Pemerintah Daerah secara khusus harus mampu berkontribusi dalam mengurangi dan menuntaskan masalah publik terkait pertanahan, termasuk di dalamnya sengketa pertanahan,” kata Erwan dalam siaran persnya.

Wakil Bupati juga menegaskan kepada seluruh peserta yang hadir agar mampu menempatkan diri sebagai problem solver atau pemecah masalah, bukan menambah masalah.

“Sebagai pembuat akta tanah agar senantiasa dapat melaksanakan segala tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, serta mampu mengadakan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan Dinas, Badan, Kantor maupun Unit kerja terkait. Selain itu diharapkan mampu membantu masyarakat sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang ada,” ujarnya.

Di akhir sambutannya dia, mengimbau seluruh pengurus dan anggota IPPAT agar senantiasa meningkatkan profesionalitas kerja termasuk pemanfaatan teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan terhadap publik dengan tetap mengedepankan koordinasi lintas sektoral.

”Mudah-mudahan kedepan IPPAT di Kabupaten Sumedang dapat lebih eksis dan mampu meningkatkan peran sertanya sesuai dengan maksud dan tujuan organisasi,” tukasnya.

Mantan Ketua IPPAT periode 2015-2019, Isep Rahmayadi, mengatakan Konferda merupakan agenda rutin tiap 3 tahun sekali, dalam Konferda ini dengan menghilang tema,dengan konferda kita tingkatkan profesionalisme, serta kerja yang selaras dan harmonis dengan intansi terkait.

“Berharap dengan kepengurusan yang baru nanti harus lebih baik,dan lebih meningkat dalam menjalankan program program kerjanya,dan harus tetap bersinergi dalam memajukan pemerintah Sumedang,” ucapnya.

Dia menjelaskan selama periodenya, sudah banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan, diantaranya merajut hubungan baik melalui intansi terkait yaitu dengan Dispenda, BPN, Bapenda.

“Karena semua itu berhubungan erat dengan IPPAT.semoga dengan kepengurusan yang baru ini, periode 2019-2023, lebih bersenergi dan kompak,” jelasnya. (nur/ign)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.