Irigasi Jebol Segera Diperbaiki

BUAHDUA – Kepala Desa Bojongloa Kecamatan Buahdua, Sunardi, menanggapi keluhan warga terkait jebolnya irigasi di Blok Ranca. Sunardi membenarkan adanya keluhan warganya yang berpropesi sebagai petani mengenai irigasi itu.

Menurutnya, komplain warga telah dilakukan semenjak saluran irigasi masih dikerjakan. “Tapi saat itu, katanya komplain warga tidak dihiraukan. Pekerjaan tembok irigasi hanya ditempelkan pada pematang sawah, sehingga tidak kuat lama karena tidak digali pondasinya,” kata Sunardi kepada Sumeks di kantornya, belum lama ini.

Sunardi, tidak mengetahui persis kontraktor/pemborong dari pekerjaan irigasi tersebut. Saat itu di Desa Bojongloa, sedang melakukan pemilihan Kepala Desa. Namun ketika dia sudah dilantik dan resmi menjadi kepala desa, ia disuruh mengontrol pekerjaan itu. Dan, menginformasikan pekerjaan kepada Pemerintah Kabupaten.

“Saat itu, sekitar tanggal 5 November 2015 saya berangkat ke lapangan untuk melihat pekerjaan itu. Ternyata pekerjaan sudah selesai. Saya langsung memberitahukan itu ke pihak kabupaten,” jelasnya.

Dikatakan Sunardi, seiring waktu berjalan beberapa bulan kemudian, keadaan tembok mulai mengalami retak-retak, hingga tembok irigasi mengalami miring-miring.

“Kemungkinan, para petani hanya dapat memanfaatkan irigasi tersebut secara optimal hanya sekitar tiga bulan,” jelasnya.

Terpisah, seorang warga Desa Bojongloa, Ade mengatakan, beberapa hari lalu ada pihak pemborong saluran irigasi tersebut datang. Mereka (pihak pemborong) akan memperbaiki saluran irigasi tersebut. Karena kerusakan yang terjadi masih dalam tahap pemeliharaan.

“Bahkan kontraktor sudah mulai menyimpan batu dan pasir di sekitar lokasi. Mudah-mudahan perbaikan segera dilakukan,” tukasnya. (atp)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.