Jabursilan Terus Digalakan

Jabursilan Terus Digalakan

KUMPUL: Kapolres AKBP Hari Brata SIK dan jajaran berkumpul bersama di salah satu Pos Kamling RW 06 Desa Citali Kecamatan Pamulihan.

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Kapolres Silaturahmi Kamtibmas di Citali

SUMEDANG – Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata SIK, bersilaturahmi dengan warga Desa Citali Kecamatan Pamulihan. Silaturahmi ini, dalam kegiatan Jaga Lembur Sisi Jalan (Jabursilan) di Dusun Babakan Kendal RW 06 Desa Citali, kemarin (13/11).

Kegiatan yang bertemakan silaturahmi dan ngopi bareng kapolres itu, dihadiri tiga pilar kamtibmas Kecamatan Pamulihan. Pada kesempatanya, kapolres mengajak semua warga untuk lebih meningkatkan Jabursilan sebagai bentuk penjagaan keamanan lingkungan kampung.

Menurutnya, untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum, dilakukan Polri. Akan tetapi, di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT/RW, merupakan masyarakat itu sendiri dengan keterlibatan semua jajaran.

Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), pun merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat. Dalam pelaksanaan kegiatan atau pun aktivitas siskamling, dilakukan dengan ronda. Dan siskamling, merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pihaknya, mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga lembur. Bahkan dikatakan juga, agar tidak malu-malu dengan aparat jika membutuhkan bantuan.

Pada kesempatan yang sama, kapolres menyampaikan agar masyarakat yang memiliki kendaraan harus tetap waspada. Apalagi saat ini, para penjahat banyak mengincar warga yang lengah terutama yang memiliki kendaraan.

“Siapa pun harus berhati-hati. Pada intinya bagaimana jaga kampung jaga desa. Dalam mendukung kegiatan jaga kampung, kami mendukung dengan menghidupkan kembali pos ronda dengan istilah Jabursilan,” kata Hari di hadapan masyarakat yang hadir.

Disampaikan pula dalam melengkapi surat kendaraan. Jika ada warga yang belum memiliki Surat Izin mengemudi (SIM) bisa langsung menghubungi kepala desa. “Nantinya pihak desa atau kepala desa masing-masing bisa berkoordinasi dengan babinmas dan selanjutnya bisa diteruskan ke kapolsek dan selajutnya ke polres,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Camat Pamulihan Hari Tri Santosa, Danramil Tanjungsari Kapten Infantri Asep Endang Sofyan, para kepala desa se-Kecamatan Pamulihan, tokoh masyarakat serta warga sekitar. Usai kegiatan, kapolres menghadiri kegiatan yang sama di Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.