oleh

Jalan Caringin Dihotmix Dana Aspiratif Dewan

SUMEDANG – Masyarakat Dusun Caringin Desa Sayang Kecamatan Jatinangor boleh sedikit lega. Pasalnya, jalan yang menghubungkan Dusun Caringin ke arah Cikeruh Lio atau sebaliknya maupun ke arah Jalan Ir Soekarno Jatinangor sudah dihotmix melalui dana aspirasi dewan.

Menurut informasi yang dihimpun Sumeks, jalan tersebut awalnya banyak yang bolong bolong. Bahkan tak sedikit membuat pengendara terjatuh akibat licin dan berlubang.

“Dulu jalannya berlubang dan aspalnya terkelupas. Apalagi musim kemarau jadi berdebu, tidak elok jalan sejelek itu berada di lokasi perkotaan dan permukiman kos kosan,” ujar Andrea salah seorang mahasiswa di kos kosan Caringin.

Sementara itu Dadang warga setempat mengatakan, jalan itu diperbaiki atas inisiasi dana aspiratif dewan Dudi Supardi dari Partai Amanat Nasional (PAN). Meski demikian, lanjut Dadang, ada sebagian masyarakat yang mengklaim bahwa jalan itu hasil bantuan dari salah satu anggota dewan di partai lain.

Menurut pria yang juga Ketua RW 10 Desa Sayang itu, jalan itu memang awalnya rusak dan berlubang. Jalan itu sebagai akses warga Caringin dan mahasiswa ke Jatinangor maupun ke Kantor Desa Sayang. Dengan diperbaikinya jalan itu oleh ajuan dana aspiratif dewan, sangat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar.

Sementara itu dihubungi melalui sambungan telepon, Anggota DPRD Sumedang dari PAN Dudi Supardi membenarkan jika jalan itu memang bantuan dari dirinya melalui dana aspiratif dewan tahun anggaran 2019.

Awalnya, kata Dudi, dana aspirasi dewan akan disalurkan ke Jalan Cikeruh Lio-Jatiroke. Namun ditengah jalan ada perubahan sehingga dialihkan ke jalan Caringin Lio.

“Awalnya anggaranya Rp600 jutaan untuk jalan Cikeruh Lio- Jatiroke. Namun karena dialihkan ke Caringin Lio karena volumenya lebih kecil sehingga turun sekitar Rp320 jutaan. Dengan anggaran sebesar itu maka pengerjaan hotmixnya pun dipotong-potong, sesuai tingkat kerusakan jalannya,” ujarnya.

Dudi pun tak menghiraukan ada sebagian warga yang mengklaim bahwa jalan itu hasil ajuan salah satu anggota dewan yang memang basisnya di daerah itu. Namun, Dudi menegaskan bahwa perbaikan jalan itu memang dari dana aspirasinya.

“Biarkan saja, masyarakat juga menilai ko siapa yang berjuang untuk perbaikan jalan itu. Bahkan saya memperjuangan tidak hanya di Caringin saja melainkan di dapil 6 Cimanggung Jatinangor,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed