Jalan Genteng Terancam Putus

SUKASARI – Akibat curah hujan yang tinggi, tebing setinggi 500 meter di pinggir Jalan Tanjungsari-Genteng, tepatnya di Dusun Karangsari, Kampung Kuta, Desa Genteng, Minggu (21/2) longsor. Akibatnya, jalan yang berstatus jalan kabupaten itu terancam putus dan membuat warga yang setiap harinya menggunakan jalan tersebut untuk beraktivitas merasa khawatir apabila terjadi longsor susulan.

“Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 18,35 WIB, sesaat setelah diguyur hujan,” ujar Kepala Desa Genteng Komara ST, melalui Kaur Kestra Hedi Juhedi, saat ditemui Sumeks di ruangannya, kemarin (22/2).

Menurutnya, warga yang mengetahui kejadian tersebut, langsung memberikan tanda penghalang jalan. Mengingat, di sekitaran lokasi longsor minim penerangan jalan umum (PJU), sehingga sangat berbahaya bagi pengguna jalan.
“Kami langsung membuatkan tanda penghalang jalan, supaya pengendara bisa mengetahuinya,” tuturnya.

Jalan tersebut, kata Hedi, merupakan jalan aktif yang kebanyakan digunakan oleh petani untuk mengangkut sayuran ke daerah Bandung, Cibitung, dan Tangerang. “Ya otomatis, sangat bepengaruh. Banyak para petani yang mengeluhkan kondisi ini. Tapi, kami pun akan berusaha agar bisa secepatnya diperbaiki, dan dibuatkannya tembok penahan tebing (TPT),” ujarnya.

Sebelum terjadi longsor, lanjut ia, pihak pemdes selalu mengingatkan warga untuk berhati-hati ketika musim hujan. Salah satu antisipasi, dengan gerakan peduli lingkungan.

“Kami rutin melakukan gerakan tersebut, dengan memperbaiki saluran air, selokan, dan mengecek TPT yang hampir diikuti oleh warga Genteng,” ujarnya.

Ia pun berharap, agar pemerintah bisa secepatnya memperbaiki jalan tersebut, dan dibuatkannya TPT, sehingga tidak perlu khawatir apabila hujan turun. “Akibat longsor tersebut, saluran air terutama air yang mengairi pesawahan warga menjadi terhambat,” tukasnya. (cr9)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.