Jalan Kabupaten Banyak yang Rusak

SUMEDANG – Sejumlah warga Rancabawang Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari, mengeluhkan terkait rusaknya jalan di dusun mereka. Sebab jalan penghubung antar desa itu kondisinya sangat memprihatinkan. Selain berlubang dan berdebu kondisinya licin apabila hujan turun.

“Iya kenapa sih jalan itu belum diperbaiki juga. Padahal sekarang ada dana desa yang anggarannya besar,” kata Kardi warga Cinanjung, kemarin (25/8). Dikatakan Kardi, jalan itu setahu dirinya statusnya jalan kabupaten. Sehingga peruntukannya tidak tercover anggaran dana desa.

“Kalau bisa disisihkan anggaran DD agar jalan di lingkungan kami jadi mulus. Masa kantor desa bagus jalannya rusak,” ujarnya. Sementara itu Kepala Desa Cinanjung R Nurdiono mengatakan jalan Rancabawang yang menghubungkan Kecamatan Tanjungsari-Jatinangor hingga Cimanggung, memang statusnya jalan kabupaten. Sehingga tidak terkaper dana desa.

Meskipun demikian, katanya, pihak desa tetap mengajukan ke dinas PU agar mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Sumedang. “Kami sudah ajukan ke Pemda bahka ke DPRD juga. Tapi mungkin APBD Kabupaten sedikit sehingga belum terprioritaskan,” katanya. Adapun bantuan gubernur (Sapras) tidak bisa dipakai untuk infrastruktur tetapi harus perbaikan kantor desa.

Pantauan di lapangan, selain jalan Rancabawang di Kecamatan Tanjungsari Jalan Cijambu Desa Cijambu ke akses wisata Citengah pun rusak parah. Bahkan jalan menuju wisata Curug Cindulang di Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung yang berstatus jalan kabupaten rusak parah. (imn)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.