Jalan Kabupaten Terancam Putus

Peliput/Editor: HERI PURNAMA

Jalan Kabupaten Terancam Putus

PERLU PERBAIKAN: Seorang pemotor melintas di jalan kabupaten perbatasan Desa Darmajaya-Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja yang kondisinya amblas. (Foto: HERI PURNAMA/SUMEKS)

**Keamanan Pengguna Jalan Terancam

DARMARAJA – Jalan kabupaten di perbatasan Desa Darmajaya-Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja, kondisinya amblas. Hal ini sudah cukup lama terjadi, lantaran faktor tanah labil.

Kepala Desa Ranggon Oo Somantri menyebutkan, akses jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Darmaraja dan Cibugel bahkan bisa menghubungkan antar Kabupaten Sumedang dan Garut itu, merupakan akses jalan yang sangat penting untuk keberlangsungan perekonomian masyarakat di dua kecamatan tersebut.

“Jalan itu amblas sudah cukup lama, tapi statusnya jalan Kabupaten. Kewenangan untuk perbaiki ada di pemerintah kabupaten,” kata Oo dikonfirmasi, kemarin (7/11).

Saat ini, jalan tersebut masih bisa digunakan untuk aktivitas warga menggunakan roda dua dan roda empat. Namun memasuki musim penghujan ini, dihawatirkan tingkat amblas jalan tersebut bisa semakin buruk.

“Jalan itu masih bisa dugunakan untuk mobilisasi, tapi tingkat keamanannya tidak terjamin,” tuturnya.

Pada dasarnya, warga mengandalkan akses jalan tersebut sebagai akses roda perekonomian. Oleh sebab itu, pemerintah desa berharap ada realisasi secepatnya untuk perbaikan jalan tersebut.

“Bukan hanya untuk mobilitas aktivitas saja, tapi jalan tersebut merupakan jalan yang diandalkan warga untuk mengangkut hasil tani,” jelasnya.

Selain itu, kondisi jalan tersebut dihawatirkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Jalur tersebut, terbilang gelap tanpa lampu penerangan. “Jalan itu juga bisa berdampak rawan kecelakaan,” tukasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.