oleh

Jalan Rusak, Pemotor Berjatuhan

Masyarakat Perbaiki Secara Swadaya

SUMEDANGEKSPRES.COM – Masyarakat bersama Karang Taruna Desa Cacaban Kecamatan Conggeang, memperbaiki akses jalan kabupaten ruas Ujungjaya – Conggeang, belum lama ini. Tepatnya di wilayah Blok Cimijan dan Kebon Jambe, yang masuk ke wilayah Desa Cacaban.

“Jalan yang diperbaiki dengan peralatan seadanya kurang lebih sepanjang 500 meter,” ujar salah satu seorang warga, Riki.

Dikatakan, ruas jalan yang diperbaiki, merupakan turunan yang cukup berbahaya. Warga berinisiatif memperbaiki jalan dengan swadaya, karena di ruas jalan tersebut sering adanya pengendara motor yang terjatuh. Terutama, bagi ibu-ibu dan remaja putri.

“Sering terjadi pengendara roda dua yang terjatuh, terutama bagi pengendara wanita yang melintas,” tuturnya.

Dijelaskan, kerusakan jalan yang parah diakibatkan karena drainase yang buruk di samping badan jalan. Air sering meluap dan menyebabkan aspal, tanah dan batu tergerus. Sehingga, terbentuknya lubang-lubang jalan yang cukup dalam.

“Air yang meluap ke jalan menyebabkan aspal terkikis, bahkan batu dan tanah juga sering ada di tengah jalan ketika hujan deras atau saat sudah reda. Cukup berbahaya bagi pengendara roda dua,” jelasnya.

Dia pun berharap, jalan segera diperbaiki beserta drainasenya. Pasalnya, jika hanya badan jalan yang diperbaiki, maka kerusakan akan kembali terjadi, terutama ketika musim hujan.

“Perbaikan jalan harus diperbaiki bersama drainasenya. Jika tidak, percuma saja, karena jalan akan kembali cepat rusak ketika musim hujan,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed