Jalur Mudik Dipastikan Aman

Peliput/Editor: Asep Herdiana/Usep Adiwihanda

Jalur Mudik Dipastikan Aman

TINJAU: Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata bersama anggota meninjau akses Tol Cisumdawu yang nantinya sebagian jalan yang sudah selesai dibangun akan digunakan sebagai alternatif mudik lebaran.(ASEP HERDIANA/SUMEKS)

**Polres Siapkan Alternatif Melalui Tol Cisumdawu

KOTA – Puncak arus mudik, diperkirakan akan terjadi pada H-4 lebaran tahun ini. Untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar, Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata, mengecek kesiapan jalur mudik. Salah satunya, di jalan akses alternatif Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Desa Citali, Kecamatan Pamulihan.

“Kami cek lagi, pastikan semuanya siap, semuanya berjalan lancar. Dan sudah disiapkan alternatif juga ketika nanti terjadin kemacetan,” ujar kapolres.

Dari hasil peninjauan Tol Cisumdawu yang nantinya akan digunakan sebagai jalur pengalihan melewati Citali, kemudian memasuki tol dengan jarak tempuh kurang lebih 5 kilometer dan keluar di Desa Cimasuk, Kecamatan Pamulihan.

“Yang digunakan sepanjang 5 kilometer yang merupakan jalur alternatif,” ujarnya.
Menurut pemantauan, akses jalan yang akan memasuki jalur tol masih kecil, dan masih berupa tanah merah. namun untuk saat ini, sudah dilakukan pengecoran dan sudah bisa digunakan.

“Sudah bisa digunakan dan dilakukaperbaikan agar jalur tersebut bisa disiapkan sebagai jalur pengalihan. Selain itu rambu lalu lintas, dan alat penerangan jalanpun akan segera disiapkan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, juga telah menyiapkan sekitar 300 rambu lalu lintas (lalin) baru berbagai petunjuk guna memperlancar arus mudik lebaran Idul Fitri 1436 H. Dimana rambu-rambu ini, nantinya akan ditempatkan di sejumlah jalan kabupaten.

Kadishub Surrys Laksana Putra, ketika dikonfirmasi kemarin mengatakan, sejauh ini jalan-jalan kabupaten memang masih kekurangan rambu-rambu lalu lintas. Adapun rambu lalin yang lama sudah ada yang rusak, hilang dan ada juga yang belum terpasang.

“Ya, untuk memperlancar arus mudik lebaran tahun ini setidaknya kita telah menyiapkan sekitar 300 rambu lalin yang baru. Dimana rambu-rambu ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis dan bisa menjadi petunjuk bagi pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi,” terangnya.

Sejauh ini, terang Surrys, jalan kabupaten di Sumedang memang kerap dijadikan jalur alternatif jelang Hari Raya Idul Fitri. Sehingga, diperlukan rambu-rambu jalan baru sebagai petunjuk bagi pemudik yang umumnya adalah orang luar Kabupaten Sumedang.

“Bila Jalur Utara ataupun Selatan padat, hampir dipastikan arus lalulintas akan dialihkan ke jalur tengah, dalam hal ini wilayah Kabupaten Sumedang. Sehingga untuk mengantisifasi terjadinya pengemudi yang nyasar petunjuk jalan perlu disiapkan,” tandasnya.

Sementara itu, untuk pemasangan rambu lalin baru ini, rencananya akan mulai dilaksanakan H-8 bersamaan dengan pendirian pos pengendalian dan pengawasan Dishub.

Menurut Kepala Satuian Lalulintas Polres Sumedang, AKP Erwan Dwiyanto, lalulintas di Jalan Raya Sumedang (jalur tengah) bisa meningkat bilamana ada limpahan dari Jalur Selatan dan Jalur Utara (Tol Cipali).

Jalan Lingkar Jatigede pada H-7, katanya, sudah siap dilalui pemudik. “Jalur Selatan bilamana terjadi kemecetan di daerah Cileunyi, sudah pasti dilimpahkan ke Jalur Sumedang (tengah) melalui Wado dan Malangbong,” kata Erwan Dwiyanto usai mengikuti rakor.

Sementara, limpahan Jalur Utara berasal dari Cikamurang ke Cijelag Ujungjaya, dan ke Jalur Cikaramas Sumedang. “Limpahan dari Jalur Utara itu mau tidak mau akan disalurkan ke Majalengka,” kata Kasatlantas.

Menurutnya, lalulintas di Sumedang pada arus mudik ini tidak akan terlalu padat jika tidak ada limpahan dari Jalur Utara dan Selatan.

“Setelah ada Cipali, jalur jalan di Sumedang memang agak sepi. Kecuali di jalur jalan protokol karena ada mall,” tukasnya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.