Jalur Nasional Rawan Kecelakaan

Jalur Nasional Rawan Kecelakaan

ANTISIPASI: Pemerintah Desa Hegarmanah bersama anggota polsek Jatinangor dan warga setempat menebang pohon yang sudah keropos disepanjang Jalan Ir Soekarno, kemarin.(IMAN/SUMEKS)

PEWARTA: IMAN NURMAN/SUMEKS

** Pemdes Tebang Pohon-pohon Keropos

JATINANGOR – Pemerintah Desa Hegarmanah Jatinangor menebang sejumlah pohon besar yang sudah keropos, di Jalan Ir Soekarno, kemarin. Langkah ini, sebagai antisipasi tumbangnya pohon, yang bisa membahayakan penggunan jalan di jalur Nasional tersebut.

Kepala Desa Hegarmanah Dede Sumitra mengatakan, sebanyak tiga pohon besar ditebang bersama anggota Polsek Jatinangor dan warga setempat. “Pohonnya lumayan besar jadi harus menggunakan gergaji mesin. Agar tidak mengenai penggunaan jalan,  polisi mengatur arus lalu lintas dengan cara tutup buka,” kata Dede kepada Sumeks, kemarin.

Menurut Dede, memasuki musim penghujan, pohon tumbang dan angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu. Sehingga, pencegahan lebih baik daripada sudah terjadi. “Secara keseluruhan, memang Pohonnya masih muda. Jadi, kami pilih pohon yang sudah dianggap tua dan rawan tumbang. Berharap tidak terjadi apa-apa dan pengguna jalan bisa tenang melintas ke sini,” tandasnya.

Sementara itu, Dedeng Saepurohman dari Tim Relawan Penanggulangan Bencana Jatinangor mengatakan, penebangan sebagai antisipasi adanya pohon tumbang yang tersapu angin dan hujan deras. Sebab,  kata Dedeng, informasi dari BPBD, wilayah Sumedang terbilang rawan bencana pohon tumbang, terutama memasuki musim penghujan.

“Ya salah satunya pohon di pinggir jalan Ir Soekarno Desa Hegarmanah. Selain di Cadaspangeran dan wilayah Tomo, ” katanya.

Dedeng menambahkan, beberapa hari yang lalu, Jatinangor dilanda angin kencang. Sehingga pohon-pohon bertumbangan. Untuk itu, penebangan pohon keropos ini sebagai antisipasi jika ada angin susulan. “Yang dilibatkan dalam penebangan pohon itu Muspika Jatinangor, Jercy, Pemerintah Desa Hegarmanah, dan warga sekitar. Alhamdulillah respon masyarakat sangat bagus terbukti semuanya ikut ke jalan. Kami juga dibantu aparat kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas,” tandasnya. (imn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.