Jaring Caleg Melalui Kader

Peliput/Editor: ISTIMEWA

Jaring Caleg Melalui Kader

SERAHKAN: Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang Yana Flandriana saat menyerahkan berkas pendaftaran Partai Politik ke KPUD Sumedang beberapa waktu lalu.

KOTA – Berbeda dengan beberapa partai politik lainnya, DPD PKS Kabupaten Sumedang menjaring calon anggota legislatif tanpa membuka pendaftaran.

Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang, Yana Flandriana menerangkan, proses penjaringan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) di PKS ditangani oleh lembaga yang dinamakan PPKD (Panitia Penokohan Kader Daerah).

“PPKD ini berisikan 5 orang dari unsur Pengurus DPD dan DSD (Dewan Syariah Daerah). Dan PPKD sudah dibentuk oleh PPKW (tingkat Wilayah/Propinsi) dan sudah mulai bekerja hampir 6 bulan yang lalu,” katanya kepada Sumeks, Minggu (5/11).

Selain itu, lanjut Yana, mekanisme penjaringan BCAD via PPKD sendiri lebih bersifat mendengarkan masukan dari struktur DPC dan DPRa, Kader, Simpatisan serta masyarakat di Dapil yang bersangkutan.

“Sebelum nantinya dari struktur DPC menyampaikan usulan bakal nama-nama BCAD melalui Koordinator Dapil kepada PPKD, tentu saja usulan nama-nama tersebut sudah melalui berbagai macam pertimbangan termasuk kemungkinan penerimaan di masyarakat,” terangnya.

Akan tetapi, PKS juga tetap membuka ruang bagi siapapun putra putri daerah terbaik di Kabupaten Sumedang yang ingin berkarir di dunia politik bersama PKS.

“Kami sendiri di DPD membuka ruang yang sebesar-besarnya bagi masyarakat (tidak harus sudah menjadi Kader terlebih dahulu) untuk menjadi BCAD dari PKS. Itupun selama siap mengikuti aturan yang berlaku di PKS dan sejalan dengan visi misi PKS. Insya Allah PKS akan siap mengorbitkannya,” ujar Yana.

Oleh sebab itu, Yana mempersilahkan bagi yang berminat menjadi BCAD dari PKS untuk segera melakukan komunikasi dengan struktur PKS yang ada di daerah. Agar nanti bisa segera diserap aspirasinya dan disampaikan kepada PPKD.

“Sebagai catatan tambahan, insya Allah semua proses penjaringan BCAD di PKS tidak berbiaya sama sekali. Karena memang yang kami cari adalah ‘mutiara’, selama sepakat dengan aturan dan visi misi PKS, maka insya Allah peluang untuk di BCAD akan sangat terbuka,” tuturnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js