oleh

Pencari Ikan Terbujur Kaku

SUMEDANG – Perairan Waduk Jatigede kembali menelan korban. Kali ini, seorang pencari ikan, Engkus, 40, warga Dusun Cipelang, Desa Sukatali, Kecamatan Situraja meninggal setelah tenggelam di perairan Waduk Jatigede blok Cibogo, Sabtu (19/10).

Sejumlah saksi mata menyebutkan, korban tenggelam diperkirakan sekitar pukul 10.30. Saat itu korban sedang menjala ikan dengan menaiki rakit bambu. Posisinya sekitar 100 meter dari pesisir Cibogo.

Pada saat menjala, diduga jala korban tersangkut sesuatu. Korban berupaya menarik jala tersebut, namun yang tertarik hanya sebagian saja. Untuk memperbaiki posisi jala, korban akhirnya memberanikan diri turun ke air untuk menarik jala yang tersangkut. Alih-alih jala bisa ditarik, korban malah tenggelam di air. Karena kemungkinan panik, korban terlihat tenggelam dan tidak muncul kembali ke permukaan air.

“Saya dengar teriakan minta tolong, saat korban mau tenggelam. Tapi jarak kami jauh. Ternyata pas dilihat enggak muncul lagi (ke permukaan air),” ujar Yayat pencari ikan asal Ciduging, Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja.

Saat kejadian, kata dia, korban membawa jala, tempat ikan dan tidak menggunakan pelampung. Setelah kejadian, warga dan para pencari ikan berupaya mendekat ke arah tempat kejadian, namun tidak berani melakukan tindakan.

“Ya kemungkinan korban juga tidak bisa berenang,” ucap saksi lainnya.

Petugas Polairud dan SAR gabungan kemudian melakukan pencarian korban. Pencarian dipusatkan tak jauh dari tenggelamnya korban. Sekitar kurang lebih tiga jam melakukan pencarian, akhirnya korban bisa terangkat dari dasar air terjaring jangkar milik Polairud.

“Kita gunakan jangkar, alhamdulillah korban bisa ditemukan terkait dijangkar,yang,kami gunakan,” ujar petugas Polairud.

Setelah dilakukan autopsi di Puskesmas Darmaraja, korban diserahkan ke pihak keluarga. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed