Jelang Nataru, Harga Sembako Naik Pesat

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Jelang Nataru, Harga Sembako Naik Pesat

SEPI: Menjelang natal dan tahun baru (Nataru), Pasar Darmaraja nampak terlihat sepi karena beberapa bahan pokok mengalami kenaikan.

DARMARAJA – Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga beberapa bahan pokok alami kenaikan. Kenaikan harga bahan pokok di pasaran cukup membebani masyarakat. Seperti pantauan Sumeks, di pasar Darmaraja harga berbagai jenis ikan dan daging mengalami kenaikan.

Hal itu disinyalir di musim hujan seperti ini ada beberapa hambatan yang terjadi saat pengiriman barang. Tentunya, faktor tersebut mempengaruhi kenaikan pada biaya ongkos angkut. Seperti diungkapkan Kepala Koordinator Pasar Darmaraja Yani.

“Mungkin karena distribusi barang yang terkendala, sementara permintaan di pasaran meningkat jadi berdampak kepada harga,” kata Yani, kemarin (20/12).

Dikatakan, biasanya pada Natal dan tahun baru permintaan untuk ikan dan daging ayam ada peningkatan. Oleh sebab itu, pergeseran harga pun terjadi.

“Sebenarnya setiap tahun juga seperti ini. Tapi untuk tahun ini, cuaca lebih buruk dari tahun lalu,” katanya lagi

Yani menjelaskan, harga daging ayam dari semula Rp 34 ribu per kilogramnya, saat ini sudah berada di angka Rp 36 ribu. Untuk ikan mujair dan nilem harga awal Rp 28 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 34 ribu. Begitupun juga untuk harga telur ayam dariRp 22 ribu saat ini sudah di angka Rp 27 ribu per kilogramnya.

“Kenaikan harganya bervariasi, mulai dari Rp 2000 sampai 6000 dari harga awal,” ucapnya.

Selain itu, untuk cabe dan sayuran lainnya juga mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan oleh banyaknya sayuran yang gagal panen akibat cuaca buruk.

Salah satu warga Darmaraja, Ratih mengaku sangat terbebani dengan banyaknya bahan pokok yang mengalami kenaikan di pasar. Mereka berharap adanya upaya dari pihak terkait untuk menyiasati pengendalian harga bahan pokok tersebut.

“Sayuran dan telur itu paling sering kita konsumsi, kalau harganya naik terus jelas kita terbebani,” ucapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.