Jembatan Cibawang Direndam Banjir

Peliput/Editor: NET

Jembatan Cibawang Direndam Banjir

AIR MELUAP: Sejumlah petugas mengawasi kondisi banjir di Jembatan Cibawang Desa Sukasirnarasa dari kendaraan yang akan melintas, kemarin.

RANCAKALONG – Hujan deras sore kemarin (7/11), mengakibatkan banjir di Jembatan Cibawang Desa Sukasirnarasa Kacamatan Rancakalong. Selain menggenang jalan, air merendam sebagian area pesawahan di Desa Sirnarasa. Kejadian ini, diakibatkan tanah yang dialihkan ke disposal longsor menutupi drainase.

Informasi diperoleh, banjir terjadi imbas dari adanya pembuangan Disposal Tol Cisumdawu di kawasan Rancakalong yang masuk ke saluran sungai. Imbasnya saat hujan melanda, air naik dan menyebabkan genangan hingga ke bahu jembatan.

“Itu akibat gorong-gorong yang keredam tanah buangan disposal,” ujar warga setempat.

Disamping itu, bencana tersebut membuat saluran irigasi tak optimal yang juga tersendatnya pasokan air ke lahan pesawahan di Kecamatan Pamulihan.

Camat Pamulihan Hari Tri Santosa membenarkan bencana tersebut. Menurutnya, kejadian itu terjadi di wilayah perbatasan Rancakalong dan Pamulihan.

Kendati kejadiannya di Rancakalong, kata dia, namun dampaknya cukup dirasakan warga Pamulihan. “Warga Pamulihan yang diantaranya di Desa Cigendel, mengeluh karena pasokan air untuk sawah mereka tersendat,” ucapnya kepada wartawan.

Disebutkan, dia bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Pamulihan, melakukan survei ke lokasi banjir. “Setelah disurvei, terlihat area pesawahan sekira satu hektar digenangi air. Ketinggian air pun mencapai puluhan centimeter termasuk genangan di sebuah danau,” ucapnya.

Dari hasil pantauan, sudah ada solusi untuk menekan meluasnya banjir. Diantaranya dengan mengalirkan air menggunakan pompa air oleh pihak ke tiga Satker Tol Cisumdawu.

“Pengalihan air menggunakan pompa air itu, sementara waktu dihentikan akibat turun hujan,” ujarnya.

Camat pun menghimbau, agar warga hati-hati ketika melintasi jalur tersebut karena banjir. (red)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.