Jemput bola, Petugas Perekam KTP Sisir Warga

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Jemput bola, Petugas Perekam KTP Sisir Warga

REKAM DATA: Petugas melakukan perekaman data pembuatan KTP bagi mereka yang belum terdata, kemarin.

SUMEDANG – Guna mendapatkan faktual data kependudukan, Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan penyisiran terhadap warga yang belum melakukan perekaman data.

Dalam mastikan semua warga terekam untuk pembuatan KTP, petugas dari pemerintah Kecamatan Pamulihan melakukan jemput bola, dengan membawa perangkat perekaman data secara langsung ke desa-desa.

“Jemput bola atau mendatangi desa dalam perekaman data bagi masyarakat yang belum melaksanakan perekaman atau bagi mereka para pemohon pemula pembuatan KTP,” terang Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Pamulihan Nia Kahmidin, kemarin (21/12).

Total data dari dinas kependudukan yang harus direkam ada 3.035 orang di 11 desa se-Kecamatan Pamulihan. Tetapi yang terealisasi sekitar 900 warga. Tidak tercapainya target perekaman data, karena tidak diferivikasi namun ada juga terjadi dobel perekaman maupun infalid.

“Memang masih ada yang belum melakukan perekaman, padahal perekaman sudah dilakukan di masing-masing desa selama satu bulan,” ucapnya.

Meskipun adanya pemula pemohon KTP yang melakukan perekaman data, tetapi bukan karena pilkada. Sebab setiap tahunnya juga, ada pemohon KTP pemula baik yang selesai sekolah maupun yang belum memiliki kartu penduduk.

“Data awal dari disduk ada sekitar 70 ribu lebih yang belum terekam setelah dilakukan palidasi dan ferivikasi terdata, hanya sekitar 60 ribu penduduk Kecamatan Pamulihan,” tuturnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.