oleh

Jual Obat Secara Paksa di Desa Cibuluh, Empat Penipu Diamankan

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sungguh memalukan. Di tengah wabah Covid 19, ada saja orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan penipuan.

Seperti yang terjadi di wilayah Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya.
Menyikapi hal tersebut, Pemdes Cibuluh mengambil langkah cepat dan tegas.

Atas usahanya, Selasa (14/4) sekitar pukul 15.00, Kepala Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya Sukirman dan jajarannya berhasil mengamankan pelaku penipuan berkedok pemeriksaan kesehatan di tengah wabah Covid 19.

Pelaku yang diamankan sebanyak empat orang perempuan dan satu orang sopir. Mereka mengaku berasal dari Kabupaten Subang.

“Kami mengamankan pelaku berdasarkan laporan warga Blok Seupang Dusun Pande Desa Cibuluh. Warga sempat protes ke kami (Kepala Desa Cibuluh -red) karena diduga telah mengizinkan para pelaku penipuan pemeriksaan kesehatan masuk ke wilayah Cibuluh,” ujar Sukirman saat ditemui Sumeks, Rabu (15/4).

Sukirman menambahkan, para pelaku mengaku telah mendapatkan izin dari Pemdes sekaligus Kepala Desa Cibuluh. “Tapi, kami sendiri tidak mengetahui mereka,” tambahnya.

Dijelaskan, modus awal pelaku datang ke wilayah Desa Cibuluh adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Para pelaku meminta uang 30 ribu perorang untuk biaya tes kesehatan tersebut.

Selanjutnya, kata Sukirman, mereka memaksa menjual obat kepada warga seharga kisaran 100 ribu sampai 700 ribu.

“Sasaran pelaku sendiri adalah para lansia dan orang yang awam akan kesehatan,” tegasnya.

Sukirman menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pelaku dan warga, diduga para pelaku beroperasi mulai Dusun Sukatani Desa Cikawung Kecamatan Terisi Indramayu.

Berdasarkan pengakuan pelaku, mereka berjumlah sebanyak sebanyak 13 orang yang disebar dari mulai Sukatani Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu sampai masuk wilayah Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang.

“Untuk warga Sukatani sendiri sudah banyak yang tertipu. Sementara, di Desa Cibuluh warga belum sempat tertipu karena para pelaku keburu diamankan. Warga Desa Cibuluh hanya baru mengeluarkan biaya kesehatan,” paparnya.

Disebutkan, pihak Pemerintah Desa Cibuluh menyerahkan para pelaku ke Polsek Ujungjaya untuk diproses lebih lanjut.

“Pelaku telah kami serahkan kepada Polsek Ujungjaya,” tandasnya.

Atas adanya kejadian tersebut, Sukirman menghimbau kepada semua warga dan desa-desa lainnya tetap waspada dan tidak mudah tertipu di tengah wabah pandemi Covid 19. Warga dan pemdes lain diharapkan lebih berhati hati dalam menyikapi banyaknya penipuan yang marak di tengah pandemi covid 19. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.

News Feed