oleh

Kabupaten Pariwisata Harus Dirasakan Warga

KOTA – Sekretaris Komisi III DPRD  Sumedang dr Iwan Nugraha, menanggapi pencanangan Kabupaten Sumedang menjadi kabupaten pariwisata. Menurutnya, mencanangkan sebagai kabupaten pariwisata, berarti merencanakan menjadi kabupaten destinasi wisata.

Tentunya, hal itu sangat sah-sah saja. Sebab, namanya juga sebuah keinginan. “Saya kira Pemda Sumedang sudah mulai mengarah ke sana,” ujar Iwan kepada Sumeks, Rabu (4/3).

Iwan mencontohkan, salahsatu buktinya, alokasi anggaran yang ada di Disparbudpora Sumedang, mengalami lompatan besar. Terutama, untuk urusan kepariwisataan. Harapannya, bahwa pencanangan menjadi kabupaten pariwisata ini, sebagai upaya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Karena, kata Iwan, yang bisa cukup instan mengangkat perekonomian masyarakat, adalah sektor pariwisata. “Namun akan timbul pertanyaan. Pertanyaannya adalah kegiatan-kegiatan kepariwisataan ini semisal event Paragliding, Tari Umbul Kolosal sudahkah mengangkat perekonomian warga? Atau hanya akan menjadi event simbolik saja?,” tandasnya.

Dia pun berharap, Pemda Sumedang tidak lagi hanya fokus di event-event seremonial kepariwisataan saja. Tapi, mulai intervensi pada hal-hal yang bisa segera dirasakan masyarakat. Dengan mulai melakukan penataan destinasi-destinasie wisata, baik yang baru atau yang sudah ada.

Dikatakan, pemkab harus segera menyiapkan aspek aspek pendukung kepariwisataan. Baik infrastruktur jalan, moda transportasi dan konsep penginapan/perhotelan. Bagaimana juga sisi pemasarannya agar hal ini ditangkap oleh wisatawan. Seperti melalui travel-travel wisata, perhotelan dan lain lainnya. “Konsep integral ini ingin kita dapatkan,” tukasnya. (atp)

Baca Juga  Motor Mogok, Jambret Bonyok

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed