Kades Ajak Warga Jaga Lingkungan

Kades Ajak Warga Jaga Lingkungan

BERSIH-BERSIH: Sejumlah warga Desa Sukajadi Kecamatan Wado membersihkan lingkungannya dari sampah.

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

WADO – Kepala Desa Sukajadi Kecamatan Wado Dede Suhendar, menghimbau warganya untuk tidak buang sampah sembarangan. Sebab terkadang, masyarakat masih ada yang belum sadar dengan bahayanya membuang sampah sembarangan.

Oleh sebab itu dalam setiap kegiatan terutama kegiatan PKK, selalu diimbau untuk tidak buang sampah sembarangan. Dampaknya, selain menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu kesehatan, dapat jadi pemicu terjadinya bencana alam.

“Saya selalu mengimbau kepada warga, untuk tidak membuang sampah sembarangan demi kenyamanan lingkungan,” katanya, kemarin (16/11).

Dikatakannya, apalagi di musim penghujan seperti ini, sampah biasanya menjadi penyebab terjadinya bencana banjir yang disebabkan tersumbatnnya saluran air.

“Apalagi di musim hujan, kita harus menjaga baik-baik saluran air dari tumpukan sampah,” ucapnya.

Kades menegaskan, tak jarang masyarakat tanpa disadari mereka membuang sampah di saluran air dengan tujuan agar terbawa air. Padahal hal itu justru berdampak buruk.

“Kalau sampah sudah numpuk di saluran air bisa berdampak buruk. Bukan hanya banjir, bahkan bisa menimbulkan longsor,” imbaunya.

Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan kepada masyarakat untuk membersihkan sampah yang terdapat di sekeliling mereka. Terutama saat menemukan sampah di saluran air.

“Kalau menemukan sampah di saluran air harus segera diambil, jangan sampai menyumbat,” ucapnya.

Selain itu, warga juga ditekankan untuk memusnahkan sampah dengan cara dikubur atau dibakar. Menurutnya, cara seperti itu lebih aman dari pada dibuang ke saluran air.

“Ya dari pada dibuang sembarangan mending sampahnya dibakar atau dikubur,” ucapnya.

Apalagi di desa tersebut, sudah ada program bank sampah. Jadi masyarakat bisa memilih sampah yang bisa didaur ulang untuk dijual ke bank sampah.

“Di sini juga kan ada bank sampah, jadi masyarakat bisa menjualnya kalau memang sampah itu bisa dijual,” tukasnya. (eri).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.