Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

sumeks_image

HASIL REHAB: Masjid Jami At-Taqwa di Dusun Bojongereun RT 01 RW 10 Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor baru saja direhab. IMAN NURMAN/SUMEKS

Kades Cibeusi Renovasi Masjid At-Taqwa

SUMEDANGEKSPRES.COM – Upaya memakmurkan masjid dan meningkatkan kualitas ibadah di tengah pandemi korona, Keluarga Besar Kades Cibeusi, Yoyo Iskandar ST dan Istri, merenovasi Masjid At-Taqwa yang berlokasi di Dusun Bojongereun RT 01 RW 10 Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor.

Kades Cibeusi Kecamatan Jatinangor Yoyo Iskandar mengatakan, renovasi masjid itu berawal karena kondisi masjid sudah tak cukup muat untuk menampung jemaah yang semakin banyak. Juga agar masyarakat sekitar semakin nyaman dalam beribadah.

“Awalnya Masjid Jami At-Taqwa itu satu lantai, kemudian kami renovasi menjadi dua lantai dan design-nya saya sendiri. Alhamdulillah dalam kurun waktu 5 bulan masjid sudah jadi,” kata Yoyo kepada Sumeks, kemarin.

Lulusan Sarjana Teknik itu menambahkan, anggaran untuk merehab masjid kurang lebih Rp 200 juta, yang berasal dari anggaran swadaya masyarakat (hamba alloh) dan dari uang pribadi kades dan keluarga besar bu kades. “Alhamdulillah, sebagian besar anggaran berasal dari keluarga istri. Sementara yang membangun melibatkan 8 orang warga sekitar,” Katanya.

Masjid Jami At-Taqwa, lanjut Yoto, selalu dipakai untuk shalat berjamaah lima waktu, shalat Jumat, Tarawih, dan shalat Idul Fitri/Idul Adha. Masjid juga dipakai sebagai tempat syiar agama islam dan untuk mengaji ibu/bapa serta anak-anak sekitar.

Yoyo menambahkan, silahkan masjid ini dipergunakan sebagai tempat syiar agama islam dan kegiatan keagamaan masyarakat. Karena masjid sebagai pusat peradaban sehingga benar benar harus dimanfaatkan dengan baik. “Harapan saya setelah direnovasi agar masjid lebih dimakmurkan lagi, tingkatkan iman dan ketaqwaan dan beribadah dengan nyaman.

Dalam rangka menjalankan roda pemerintahan desa juga, Yoyo selalu terbuka dan transparan terkait masalah pembangunan desa. Yoyo juga selalu melibatkan masyarakat sekitar dalam setiap pembangunan.

Terkait mengenai antisipasi penyebaran virus korona (covid-19) Yoyo menambahkan Pemerintahan Desa Cibeusi bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan Jatinangor dan Kabupaten Sumedang termasuk TNI Polri sudah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat, gang bahkan di jalan.

“Juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu mencuci tangan dan menggunakan masker ke mana pun pergi. Bagi yang terkena wabah penyakit virus korona agar secepatnya melaporkan,” katanya.

Begitupun bagi masyarakat pendatang agar secepatnya melapor, karena pihaknya akan secepatnya menurunkan team medis (dokter, red) untuk melakukan pemeriksaan. Di tempat terpisah, ketua DKM Jami At-Taqwa Agus Ruhiyat sangat mengapresiasi kiprah pak Kades Cibeusi dalam merenovasi masjid jami At-Taqwa. Sangat jaran, kata Agus, ditengah pandemi korona, Kades merenovasi masjid dengan biaya pribadi. “Semoga cita-cita pak Kades yang mulia ini dibalas Alloh SWT dan masjid ini bisa digunakan warga dengan leluasa dan nyaman,” tandasnya. (imn/adv