Kades Terpilih Cepat Dilantik

Kades Terpilih Cepat Dilantik

Abah Momon - Kades Cisempur

Peliput/Editor: iman nurman

JATINANGOR- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumedang usai digelar, Agustus 2015 lalu. Hanya saja, sampai saat ini pelantikan Kades terpilih belum dilakukan. Sehingga muncul kehawatiran masyarakat pelayanan di tingkat desa terganggu.

Sejumlah warga termasuk kepala desa di Jatinangor mempertanyakan sejauh mana pihak BPMPD menindaklanjuti pilkades ini.

“Bukanya apa-apa, warga mempertanyakan sosok pemimpin yang akan membangun desanya masing-masing. Sebab, sudah lama kades terpilih muncul, hanya kenapa belum dilantik juga,” kata Kades Cisempur, Abah Momon kepada Jateks, kemarin.

Momon menambahkan, idealnya proses pelantikan 15 hari setelah pemilihan. Sebab, banyak tugas-tugas Kades yang tidak bisa diwakilkan ke Penjabat sementara (Pjs).

“Meski ada Pjs tetapi tidak bisa semua tugas diwakilkan. Hawatirnya ini mempengaruhi pelayanan publik yang lain. Makanya, kalau bisa secepatnya dilantik kenapa menunggu sampai November,” tegasnya.

Abah pun mencontohkan, saat ini Pjs kades di kecamatan Jatinangor sudah lama bahkan ada yang mencapai 2 tahun. Secara prosedural ini jelas melanggar, karena batas Pjs sampai 6 bulan.

“Masyarakat hawatirkan ada kendala lagi. Ini juga pertanyaan dari publik kenapa belum juga dilantik. Jika memang ada masalah di lapangan tolong sosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga ada alasan, tidak ngambang dan masyarakat juga tahu,” bebernya.

Secara psikologis, lanjut Abah Siluman itu, kasian juga kades terpilih yang mau cepat-cepat membangun desa terhambat karena belum dilantik. Jika memang bisa disegerakan, kenapa menunggu bulan November. Toh kepentinganya untuk masyarakat dan pelayanan publik.

“Sekaligus ini sebagai PR bagi siapa saja calon Sumedang 1 nanti, untuk lebih inten lagi dalam permasalahan pelayanan publik. Sebab, pelantikan kades harus secepatnya tanpa menunggu putusan. Sebab, bisa diselesaikan setingkat bupati atau Pemkab Sumedang,” tandasnya. (imn)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.