oleh

Kadis dan Camat Akan Panjat Pinang

KOTA – Untuk memeriahkan acara HUT RI ke-72 di Kabupaten Sumedang, akan diadakan perlombaan panjat pinang yang diikuti seluruh kepala dinas (kadis) dan pejabat camat. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada puncak peringatan HUT di akhir Agustus nanti.

“Nanti akan kita siapkan dua tiang panjat untuk kadis dan para camat,” ujar Ketua Panitia Ramdan Ruhendi didampingi Wakilnya Asep Darmawan, saat dikonfrimasi, kemarin (14/8).

Selain lomba panjat pinang yang sudah jadi tradisi tiap tahun, perayaan HUT RI ke-72 di Kabupaten Sumedang dijamin meriah. Sebab masih banyak kegiatan menarik yang akan menyedot perhatian masyarakat luas. Diantaranya festival kuliner yang dikemas dengan modern menggunakan foodtruck pada 25-27 Agustus mendatang. Mobil-mobil yang sudah di desain sedemikian rupa, akan berjejer di kawasan IPP Sumedang dan menjajakan bermacam-macam makanan serta kuliner khas Sumedang yang akan menarik hati dan memanjakan lidah para pengunjung.

Disebutkan, latar belakang digelarnya festival kuliner tersebut untuk lebih mengenalkan lagi makanan-makanan khas Sumedang yang beraneka ragam kepada masyarakat. “Jadi di festival kuliner nanti itu dikemas menggunakan foodtruck dan tentunya akan menjajakan bermacam-macam kuliner yang ada di Sumedang. Jadi masyarakat nanti bisa mengetahui bahwa makanan khas di Sumedang bukan hanya tahu saja,” ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa pameran ekonomi kreatif (ekraf) yang akan menampilkan produk-produk kerajinan khas Sumedang atau yang diproduksi di Sumedang. Ramdan mengungkapkan, produk kerajinan Sumedang sudah diakui kualitasnya oleh masyarakat luar seperti senapan angin Cipacing, Batik Kasumedang dan beberapa produk lainnya seperti cinderamata yang dijual ke luar daerah.

“Untuk pameran ekraf, nanti akan dijajakan produk kerajian unggulan dari Sumedang. Ini bisa jadi sarana pemasaran dan memperluas jejaring pasar bagi produk Sumedang. Sebab nanti kami juga akan undang perusahaan perusahaan yang ada di luar daerah. Bahkan beberapa BUMN di Sumedang juga ada yang membina khusus UKM,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ramdan mengungkapkan untuk sector budaya akan diadakan Festival Darmaraja atau Darmaraja Fest. Pergelarannya akan berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang dihelat di Alun-alun Darmaraja dan mengundang para tokoh budaya yang ada di tatar Sunda pada 18 hingga 19 Agustus mendatang.

“Dari sektor budaya juga ada. Jadi semunya komplit. Di Festival Darmaraja nanti akan ada pagelaran budaya, diskusi budaya dan pameran yang bertempat di Alun-alun Darmaraja dan dihadiri oleh tokoh budaya di Jawa Barat,” terangnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed