Kampus Bantu Kuota untuk Mahasiswa

Ketua Prodi S2 PGSD Penjas UPI Kampus Sumedang Dr Indra Safari MPd ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya kemarin.Ahmad/Sumeks

SUMEDANGEKSPRES.COM – PROSES pembelajaran daring Pendidikan Jasmani (Penjaskes), rupanya tidak terlalu memiliki kendala bagi mahasiswa strata 2 (S2). Karena mereka cepat beradaptasi, metode pembelajaran apapun, bisa diserap dengan cepat.

“Belajar daring memang memang perlu adaptasi, tapi karena memang SDM mahasiswanya lebih siap dengan kondisi apapun,” ujar Ketua Prodi S2 PGSD Penjas UPI Kampus Sumedang Dr Indra Safari MPd ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya kemarin.

Dia mengatakan, keputusan pembelajaran dari berdasarkan undang-undang serta instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta atas keputusan Rektor. “Pada semester genap, kami sempat melakukan pembelajaran tatap muka namun karena beberapa bulan kemudian terjadi pandemik Covid, maka kami melakukan pelaksanaan pembelajaran daring,” beber Indera.

Dan, memasuki memasuki semester ganjil, pihaknya masih tetap harus mengikuti instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk untuk belajar daring.

“Kita sudah siapkan mata kuliah-mata kuliah melalui pembelajaran daring. Yang sifatnya pembelajaran tatap muka kita siapkan menjadi pembelajaran daring. Begitupun mata kuliah-mata kuliah praktik, nanti kita komunikasikan dengan para dosen untuk rencana perkuliahan,” kata dia.

Indra mengatakan, pembelajaran pada by program S2 ini, sifatnya pada pendalaman. Dan, pembelajaran mata kuliahnya memang memerlukan tatap muka, analisa-analisa terutama mengenai jurnal-jurnal internasional buku buku,” ujar Indra.

Terkait kendala selama pembelajaran online, tidak dibantah oleh Indra. Yakni, terkait jaringan internet yang tidak stabil. “Lokasi tempat tinggal mahasiswa ini kan berbeda-beda, dan kualitas jaringan pun ada yang bagus, ada yang buruk,” tutur dia.

Adapun keterbatasan kuota mahasiswa, prodi Penjaskes S2 ini memberikan bantuan kepada mahasiswa yang benar-benar membutuhkan. “Dan alhamdulillah program program bantuan kuota untuk mahasiswa sudah masuk, buat dosen juga ada seperti untuk pembelian kuota ini,” kata dia.

Dan terkait UKT, pihak rektorat memberikan keringan berupa penangguhan UKT ataupun bantuan langsung. Namun mahasiswa yang mendapat bantuan ini, harus lolos seleksi. “Jika memang layak untuk dibantu mahasiswa maka akan dibantu agar bisa terus melakukan perkuliahan,” ujar Indra. (ahm/adv)

2 thoughts on “Kampus Bantu Kuota untuk Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.