oleh

Kantor Kemenag Gelar Manasik Haji

Selama dua hari, 20 – 21 Juli 2016, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 1437 H/2016 M di Komplek Pusat dakwah Islam (Pusdai) Sumedang yang diikuti oleh seluruh jemaah calon haji asal Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati H. Eka Setiawan, Rabu (20/7), dan dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Kabupaten Sumedang, Ketua Komisi C DPRD Nurdin Zaen, Ketua MUI Kabupaten Sumedang K. H. Adam Malik Ibrohim, perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Ketua Baznas Sumedang H. Ali Badjri, Kepala Kantor Kemenag Sumedang H. Hasen beserta jajarannya, pimpinan BPS dan BPIH, dan TPIH serta TPHI Kabupaten Sumedang.

Kepala Kantor Kemenag Sumedang H. Hasen melaporkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membekali jemaah calon haji dengan pengetahuan dan pelatihan agar benar-benar siap dan dapat beribadah dengan lancar sesuai ketentuan. “Di hari pertama jemaah calon haji akan mendapatkan materi berupa teori-teori penyelenggaraan ibadah haji. Hari berikutnya mereka akan mempraktikkan semua materi yang didapat dalam bentuk latihan intensif sehari penuh,” ucapnya.

Ia juga melaporkan bahwa kuota haji Kabupaten Sumedang telah terpenuhi yakni 641 orang, di samping kuota tambahan sebanyak dua orang.

“Jemaah dibagi ke dalam dua kelompok terbang (Kloter) yaitu Kloter 7 sebanyak 450 orang dan sisanya bergabung dengan Kloter 65 bersama jemaah daerah lain di Jawa Barat. Rencananya semua dilepas secara simbolis oleh Bupati tanggal 2 Agustus 2016,” tuturnya.

Dijelaskan olehnya, Kloter 7 akan berangkat dari Sumedang pada 10 Agustus 2016 pukul 19.00 WIB dan tiba di Embarkasi Haji Bekasi pada Kamis, 11 Agustus 2016, pukul 24.10 WIB. “Dari Bekasi berkangkat ke Bandara pukul 18.10 WIB dan take off pukul 21.10 WIB,” ujarnya.

Sementara Kloter 65 dilepas pada 2 September 2016 pukul 17.00 WIB dan diperkirakan tiba di Asrama Haji jam 21.30 WIB. “Selanjutnya jemaah istirahat semalam untuk berangkat ke Bandara keesokan harinya, 3 September 2016, pukul 15.30 WIB. Take off dijadwalkan pukul 18.30 WIB,” kata H. Hasen.

Ia juga mengingatkan jemaah untuk membersihkan harta mereka sebelum berangkat dengan melaksanakan zakat, infak dan sedekah. “Agar ibadah kita tenang dan harta kita diberkahi, segera keluarkan hak-hak orang lain yang ada pada harta kita melalui zakat, infak maupun sedekah,” imbuhnya.

Bupati H. Eka Setiawan menyampaikan rasa bahagianya karena bisa hadir bersama di antara tamu-tamu Allah yang menurutnya akan mengundang keberkahan bagi Sumedang. “Haji adalah perjalanan istimewa dalam sejarah hidup seorang muslim karena di dalamnya terdapat berbagai peristiwa dan rangkaian ibadah yang istimewa pula. Oleh karena itu, saya senang bisa berada di tengah-tengah jemaah calon haji,” tuturnya.

Selain kematangan secara finansial, sambung Bupati, ibadah haji juga memerlukan persiapan yang menyangkut kekuatan dan kesehatan fisik maupun mental. “Rangkaian ibadah haji sangat memerlukan kondisi yang benar-benar prima. Oleh karena itu, selain mengikuti latihan manasik seperti sekarang ini, juga harusmenjaga kondisi tubuh kita,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, kondisi di tanah suci akan berbeda sekali dengan di tanah air. Oleh karena itu, jemaah Indonesia harus bisa beradaptasi terhadap lingkungan dan kebiasaan setempat. “Suhu di sana sangat panas di siang hari. Kita harus bisa menjaga agar tubuh kita tetap sejuk dan jangan sampai dehidrasi,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar jemaah membawa perbekalan seperlunya. “Jangan merepotkan diri dengan terlalu banyak membawa perbekalan, khususnya makanan, karena di sana juga tersedia. Jaga kekompakan dan kesopanan. Jaga nama baik bangsa yang sudah dikenal kesantunannya,” ucapnya.

Bupati meminta kepada jemaah turut dido’akan agar dalam memimpin Sumedang diberi kemudahan dan kelancaran. “Mohon do’anya nanti di tempat-tempat ijabah agar Sumedang yang kita cintai benar-benar sejahtera. Begitu pula, kami akan mendo’akan Bapak Ibu semua agar selau berada dalam perlindungan Allah dan meraih haji yang mabrur,” ujar Bupati. (*/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed