oleh

Kapolsek Ajak Warga Jaga Lingkungan

WADO – Kapolsek Wado, IPTU Dede Sujana mengajak warga jaga kondusifitas lingkungan. Sebab, kata Dede, saling melindungi dan saling menjaga merupakan sebuah upaya untuk mengondusifkan lingkungan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikatakan, kondisi lingkungan akan aman dan nyaman jika masyarakatnya bisa saling menjaga dan menghargai satu sama lainnya.

“Mengondusifkan lingkungan tidak bisa hanya oleh satu kelompok atau golongan saja, tapi harus ada kesadaran dari semua pihak,” kata dia, saat melakukan pembinaan di Desa Sukapura, belum lama ini.

Dia menyebutkan, pihaknya selalu melakukan upaya yang maksimal untuk menciptakan suasana yang kondusif di wilayah Kecamatan Wado. Namun, terkadang hal itu tidak bisa dilakukan secara maksimal kalau tidak ada bantuan atau kesadaran dari masyarakat untuk bekerjasama.

“Mari kita ciptakan suasana yang membuat kita nyaman dan jauh dari tindakan yang berbau kriminal,” ucapnya.

Dia menegaskan, untuk menciptakan lingkungan yang kondusif maka masyarakat harus bersedia menggelar siskamling secara bergiliran.

“Kalau di lingkungan desa sebaiknya ada jaga ronda bergiliran, itu salah satu upaya agar lingkungannya bisa terpantau pada malam hari,” ucapnya.

Dia menilai, jaga ronda itu bukan hanya mengamankan lingkungan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab, tapi juga bisa melindungi masyarakat dari bencana dan juga bisa membantu masyarakat yang butuh pertolongan pada malam hari.

“Tak jarang ada peristiwa yang tidak diinginkan pada malam hari, misalkan ada orang sakit yang butuh pertolongan untuk dibawa ke rumah sakit,” katanya lagi.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Sukapura, Dahman Rukmana menyebutkan, bahwa untuk mewujudkan lingkungan siaga tentu harus ada kesadaran dari masyarakatnya sendiri.

Hal itu, menurutnya harus didasari oleh rasa tanggung jawab dan cinta terhadap lingkungannya.

“Dipastikan semua itu akan terwujud, kalau sudah tertanam rasa ingin menjaga dan mencintai lingkungannya,” katanya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed