oleh

Kartar Buka Paguron Silat

PASEH – Karang Taruna Pelangi Desa Padanaan Kecamatan Paseh menggandeng Tapak Suci membuka sebuah perguruan silat. Pendaftaran telah dibuka sejak Minggu (24/1) sekaligus diadakan demontrasi dari Perguruan Tapak Suci Pimda 104 Sumedang.

Karang Taruna Pelangi membuka perguruan silat untuk umum di Kecamatan Paseh. Namun, pelatihan silat dilakukan dan dipusatkan di wilayah Desa Padanaan. Hal itu diungkapkan Ketua Karang Taruna Pelangi Desa Padanaan, Febi

“Para murid Tapak Suci telah melakukan demonstrasi di Desa Padanaan untuk menarik para generasi muda ikut serta dan menjadi siswa Tapak Suci,” kata Febi Fabianto kepada Sumedang Ekspres di Kantor Desa Padanaan, kemarin.

Febi menambahkan, sangat banyak potensi generasi muda berminat dan berbakat di seni beladiri ini. Generasi muda akan diarahkan ke arah kegiatan yang positif.

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka diharapkan dapat menjauhi kegiatan yang bersifat negatif dan buruk. Bahkan, kemungkinan untuk berprestasi sangat terbuka,” terangnya.

Febi menerangkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memelihara dan melestarikan budaya tradisional, terutama Pencak Silat. Sebelumnya, kata ia, Karang Taruna telah membuka sanggar Tari Amones di lingkungan Desa Padanaan. Sangar Tari Amones melatih tari anak didiknya dengan berbagai tarian tradisional Sunda dan modern di berbagai kelompok umur.

“Mereka sangat antusias mengikuti latihan tari. Diharapkan, begitu juga yang terjadi dengan Perguruan Silat yang akan dikelola karang taruna ini,” tandasnya.

Sementara itu, Pendekar Tapak Suci Sumedang, Eyang Syarief mengatakan dengan adanya cabang latihan Tapak Suci di daerah Padanaan Kecamatan Paseh semoga tapak suci semakin dikenal. Dan, lebih dekat dengan masyarakat Sumedang.

“Tapak Suci bukan hanya latihan bela diri, tetapi juga untuk syiar Islam,” tandasnya.

Sebutnya, perguruan Tapak Suci selalu berkomitmen dengan falsapahnya yaitu dengan iman dan akhlak kita menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak kita lemah.

“Hal itu harus selalu diterapkan dan mendarah daging di semua anggota Perguruan Silat Tapak Suci,” tutupnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.