Kartar Perbaiki Longsor Haurpapak

PERBAIKI JALAN: Sejumlah anggota Karang Taruna beserta jajaran Polsek Surian memperbaiki jalan di Blok Haurpapak, kemarin.

Dibantu Dari Jajaran Polsek Surian

SUMEDANG – Warga yang tergabung dalam Forum Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Surian, kemarin (20/11), gotong royong memperbaiki Jalan Haurpapak yang longsor belum lama ini. Warga juga, dibantu Kapolsek Surian Ipda Darjo beserta jajarannya.

“Jalan diperbaiki dengan menggunakan bahan pasir dan batu. Jalan diperlebar ke sebelah kanan (dari arah Sukamantri menuju Surian) kurang lebih satu meter karena sebelah kiri jalan sudah habis tergerus air,” ujar Ketua Forum Karang Taruna Surian Roni Irhamna.

Roni menerangkan, kini jalan sudah bisa dilalui roda empat meski harus hati-hati. Namun perbaikan itu hanya bersifat sementara, asalkan akses menuju Sumedang Kota bisa dilintasi.

“Kami memperbaiki jalan dengan peralatan dan bahan seadanya. Ini juga untuk bahan batu dan pasit masih dirasa kurang. Terpenting jalan ini sebagai satu satunya akses menuju Sumedang Kota bisa dilalui terlebih dahulu,” jelasnya.

Roni menuturkan, apabila hujan datang dengan intensitas tinggi dipastikan jalan tetap akan tergerus air. Saat ini saja, aspal jalan sudah habis dan badan jalan tidak tersisa.

Awalnya, kata dia, Kamis (16/11) lalu jalan hanya amblas sekitar 20 centimeter dan mengalami retak pada bagian tengah melintang dengan retakan selebar 10 centimeter. Namun pada Sabtu (18/11), jalan sudah amblas sekitar satu meter dengan retakan menjadi lebih dari 30 centimeter.

“Minggu (19/11) mobil tidak bisa melintas di Haurpapak. Makanya saat ini kami berinisiatif memperbaiki jalan dengan alat seadanya,” katanya.

Sebenarnya, saat ini jalan alternatif sedang dibangun sebagai pengganti jalan kabupaten di Haurpapak ini. Namun pembangunan jalan alternatif sendiri belum selesai.

“Sayang jalan yang sedang dibangun mempunyai medan yang lebih curam dari Haurpapak. Kemungkinan, apabila dilintasi truk bermuatan penuh tidak akan kuat menanjak,” tegasnya.

Dikatakan Roni, selain adanya longsor di jalan Haurpapak, hujan deras beberapa hari ini juga menyebabkan sejumlah tiang listrik PLN di sekitar Haurpapak rentan roboh.

“Kami menghimbau agar PLN memeriksa dan memantau tiang tiang listrik ini. Karena rentan roboh seperti yang terjadi sekitar satu tahun lalu saat Haurpapak longsor,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Surian Ipda Darjo mengapresiasi yang dilakukan Karang Taruna Kecamatan Surian. Kegiatan perbaikan jalan di Haurpapak sangat penting dilakukan mengingat banyaknya warga yang menggunakan akses di Haurpapak.

“Biarpun hanya bersifat sementara, tapi perbaikan ini cukup membantu warga. Terutama bagi mereka yang bekerja di wilayah industri Subang,” tukasnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.