Selasa, 4 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

BEBERESIH SUNGAI: Unsur TNI, Polri dan warga membersihkan sungai Cipacing yang merupakan anak sungai Citarum, kemarin. Ist/sumeks

Karya Bakti TNI, Sungai Dibersihkan

SUMEDANG – Upaya menciptakan sungai bersih, kegiatan Karya Bakti TNI dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 Tingkat Koramil 1005/Ckr membersihkan Sungai Cipacing dan Cibeusi Kecamatan Jatinangor, kemarin.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E melalui Danramil Jatinangor Kapten Inf Lilo Witjaksono mengatakan sungai yang dibersihkan sepanjang 400 meter dengan melibatkan unsur TNI 10 orang, Polisi 12 personel, Satpam Polipin 10 orang, Kecamatan 7 orang, Masyarakat 25 orang, forum Masyarakat Gunung Geulis 6 orang, dan Perangkat Desa Cipacing 6 Orang.

“Total warga yang hadir ada 76 orang. Kegiatan berjalan lancar mulai pukul 08.00 s/d 11.00 Wib bertempat di Dusun Pasir Nangka RT 02 RW 05 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor,” katanya.

Kegiatan Karya Bakti TNI dalam Rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 Tingkat Koramil 1005 /Cikeruh ini memang fokus kegiatan sosial seperti sebelumnya penanaman ratusan pohon di Gunung Geulis Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor.

“Untuk pembersihan sungai ini juga mengantisipasi banjir karena memasuki musim hujan. Sampah sampah kita angkut dan ranting ranting pohon yang berserakan kita angkat ke darat, takut sampah tersumbat,” katanya.

Lilo pun mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini. Mudah-mudahan kedepannya, pembersihan sungai dan penanaman pohon lebih digalakan lagi untuk menjaga ekosistem lingkungan agar tidak rusak.

Sementara itu, Humas Yayasan Al Ma’soem Bandung, Asep Halim mengatakan, dari pihak yayasan Al Ma’soem sendiri menyuport kegiatan dengan menerjunkan beberapa staf dan karyawan karena memang lokasinya dekat dengan kampus Al Ma’soem Jatinangor.

“Upaya ini mudah mudahan tercipta program Citarum Harum dan anak anak sungai Citarum termasuk Cibeusi dan Cipacing ikut bersih. Percuma kalau di hilirnya bersih, tetapi di hulunya kotor. Makanya kami libatkan staf karyawan Al Ma’soem dalam program beberesih bakti TNI ini,” tandasnya. (imn)