oleh

Pendaftar Balon Kades Lebihi Kuota

SUMEDANG – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sumedang yang akan digelar pada 8 April 2020 mendatang, sudah memasuki tahap pengembalian berkas. Bahkan panitia pemilihan kades, sudah menetapkan bakal calon untuk selanjutnya pengambilan nomor urut.

Informasi yang dihimpun Sumeks, di Kecamatan Jatinangor sendiri ada lima desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak. Di antaranya Desa Cipacing, Mekargalih, Cilayung, Cileles dan Desa Cintamulya. Dari lima desa tersebut, bakal calon kades Cipacing yang paling banyak atau diluar batas kuota calon kades sesuai UU Desa yang berlaku.

Ketua Panitia Pilkades Desa Cipacing, Didi Rohadi mengatakan, Cipacing paling banyak yang mendaftar jadi calon kades. Ada enam balon kades yang otomatis ada tahapan yang berbeda dengan panitia pilkades lainnya. “Adapun bakal calonya adalah Gugun Gunawan, Edi supriyadi, Budi, Dadan, Abuy dan Dede Juariyah,” ungkapnya.

Dia pun membenarkan bakal ada tahapan seleksi, karena diaturan calon kades harus lima. Maka pihaknya sedang menunggu tahap selanjutnya. Tahapan itu, kata dia, apakah seleksi atau tahapan Pemutahiran Data Pemilih (TPDP).

“Kami tinggal menunggu hasil keputusan dari Kabupaten untuk menentukan yang enam balon tersebut untuk diseleksi kembali. Karena sesuai dengan aturan yang berlaku, bahwa bakal calon kepala desa itu tidak boleh lebih dari Lima. Apabila lebih, maka akan ada seleksi mengikuti tahapan dari kabupaten,” ujarnya.

Sementara ditanya terkait teknisnya seperti apa, pihaknya belum mengetahuinya. Sebab besok akan diselenggrakan rapat di Kabupaten Sumedang. Selanjutnya kata Didi, panitia hanya mengikuti semua tahapan-tahapan yang sudah ditentukan oleh Pemda Sumedang. Dikarenakan, semua aturan sistem dan mekanisme sudah diatur di dalam pilkades serentak ini. “Kami hanya tinggal menambahkanya saja, baik itu tata tertib dan sebagainya,” tandasnya.

Dia berharap, tidak ada gesekan antar pendukung calon. Sehingga diharapkan, semuanya dapat berjalan aman dan tentram. Dan diharapkan para calon untuk tidak melakukan kampanye sebelum adanya tahapan dari Pemkab Sumedang.

“Untuk keamanan sudah ada Babinsa dan Babinkamtibmas beserta Linmas. Kami yakin para balon ini semuanya Putra Putri terbaik Desa Cipacing, dan apabila nanti yang terpilih semoga bisa menjadi Pimpinan yang Amanah,” tandasnya.

Terpisah, bakal calon Kades Cipacing, Gugun Gunawan mengatakan, pihaknya akan mengikuti setiap aturan dari panitia pilkades, demi terwujudnya pilkades serentak yang kondusif. “Mari kita sukseskan perhelatan pilkades serentak di Kabupaten Sumedang dengan damai, aman, dan kondusif. Jangan mudah terprovokasi dan silaturahmi itu yang terpenting,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed