oleh

Kelompok Seni Dapat Bantuan

-Headline-15 views

JATINANGOR – Sejumlah kelompok seni di Desa Jatimukti, Kecamatan Jatinangor mendapatkan bantuan alat-alat seni dari pemerintah desa setempat, kemarin.

Bantuan itu sebagai realisasi dana desa tahun anggaran 2016 bagi kelompok seni sebagai pemberdayaan masyarakat dalam bidang seni.

Kades Jatimukti, Dedi mengatakan bantuan yang berasal dari dd itu sebagai peningkatan kelompok seni.

Semuanya baru 7 kelompok seni dari 7 RW yang mendapatkan bantuan. Diantaranya kelompok reak terdiri dari 6 RW yakni RW 02 sampai 07, marawis satu RW yakni RW 01.

“Masin- masing RW mendapatkan satu paket alat seni. Termasuk pakaian dan pembinaan. Sebagian lagi belum karena di Jatimukti itu banyak kelompok seninya. Seperti Kuda Renggong, Oray Lion, Kuda Lumping, dan kesenian sunda lainnya,” katanya.

Dedi menambahkan, realisasi DD ini luas peruntukannya. Salah satu yang menjadi sasaran realisasi DD adalah kelompok seni untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dibidang seni.

“Di Desa Jatimukti itu kelompok seninya banyak dan warga sangat hobi denga seni. Jadi, adanya bantuan alat-alat seni itu sangat disambut baik masyarakat. Ini juga yang menjadikan seni tradisional di Jatimukti bertahan sampai sekarang,” bebernya.

Tak heran, lanjut Dedi, jika Jatimukti menjadi barometer seni tradisional di Kecamatan Jatinangor. Tak sedikit desa lain ketika ada acara hajatan atau pesta 17 agustusan, mengundang warga Jatimukti untuk menghibur.

“Itu juga sebagai upaya memperthankan budaya dan warisan leluhur dibidang hiburan. Bantuan ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah desa kepada kelompok seni di Jatimukti. Karena antusias masyarakat sangat senang bermain seni,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed