oleh

Kena Tol, SDN Cijolang Terhambat Sengketa Lahan

TANJUNGSARI – Meskipun harus bergelut dengan bising dan debu, namun puluhan siswa-siswi SDN Cijolang Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari, tetap antusias belajar di sekolah yang bangunannya dilintasi Proyek Tol Cisumdawu.

Meskipun kesehtan menjadi taruhannya, para siswa tetap bersekolah di situ, sebelum pemerintah memindahkan sekolahnya ke tempat yang lebih layak.

“Kegiatan belajar di sekolah dasar itu tetap normal sampai adanya bangunan pengganti yang disediakan pemerintah,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar kepada Sumeks, Rabu (11/9).

Kata Eka, sampai saat ini sekolah itu belum bisa direlokasi, lantaran tanah tempat bangunan SD itu berdiri, berada di atas tanah wakaf yang kini dalam sengketa. “Sedang proses sengketa dengan ahli waris. Sehingga pihak tol belum bisa melakukan pembebasan,” ujarnya.

Sedangkan terkait bangunan sekolah, pihak tol sudah bersedia membangun sekolah yang baru. “Ketentuannya, nanti setelah tanah untuk bangunan tersedia,” sebutnya.

Untuk proses percepatan pembangunan, Pemkab Sumedang sudah menganggarkan dana yang digelontorkan dari APBD Tahun Anggaran 2019. “Nanti pemda melalui disdik mengajukan permohonan ke satker untuk pembangunan,” ujarnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed