oleh

Kenali Ciri Virus Corona: Mirip Flu Biasa

SumedangEkspres.com – Dokter spesialis paru-paru dr Dilla Laswantina SpP mengatakan virus corona merupakan virus yang kerap menginfeksi hewan. Namun, virus itu lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke manusia. Virus Corona juga disebut mirip dengan SARS yang mewabah di seluruh dunia pada 2002-2003.

Virus corona bisa membuat orang sakit saluran pernapasan bagian atas dengan tingkat ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa.

Beberapa gejala yang disebabkan oleh virus corona tersebut, seperti demam, lemas, batuk kering, sesak atau kesulitan bernapas. Semua itu dapat berlangsung selama beberapa hari.

Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, ada kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis. Bahkan, bisa menyebar menjadi pneumonia dan mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan segera.

“Berawal dari China, virus ini telah menyebar tak hanya ke berbagai negara. Saat ini kasusnya terus bertambah, dan dideteksi terjadi penularan dari manusia ke manusia. Baik melalui hubungan kontak langsung atau saat bersin,” ujarnya kepada Radar (Group Sumeks), kemarin.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar jangan panik. Namun harus tetap waspada jika mengalami tanda-tanda gejala tersebut. “Kasus ini merupakan penemuan baru dan cepat menyebar maka kita perlu antisipasi. Alhamdulillah sejauh ini virus corona belum ada di Indonesia. Mudah-mudahan kita dijauhkan jangan sampai ada yang terinfeksi,” ungkapnya.

Baca Selengkapnya…!!!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed