Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Sumeks_images

PERIKSA: Sejumlah napi dan petugas Lapas kelas II B Sumedang telah menjalani pemeriksaan test urine oleh BNNK Sumedang. Sobar Bahtiar/Sumeks

Kepala Lapas: Petugas Gunakan Narkoba, Akan Langsung Dipecat

SUMEDANGEKSPRES.COM - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang baru saja melaksanakan test urine terhadap sejumlah warga Lapas Kelas II B Sumedang, Selasa (30/6).

SUMEDANGEKSPRES.COM – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumedang baru saja melaksanakan test urine terhadap sejumlah warga Lapas Kelas II B Sumedang, Selasa (30/6).

Hingga saat ini, Lapas Kelas II B Sumedang telah dinyatakan clean and clear dari bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Kasi Brantas BNNK Sumedang, Agus Suryana SH mengatakan, kegiatan test urine tersebut merupakan tindak lanjut kerjasama dari Direktur Jenderal Lapas dalam sinergitas pemberantasan narkoba.

“Ada 60 orang secara random yang akan kami test. Baik itu petugasnya maupun narapidana nya,” ujarnya kepada Sumeks.

Agus menegaskan, jika ada yang kedapatan menggunakan narkoba, pihaknya tidak segan untuk melakukan tindakan tegas terhadap yang bersangkutan.

“Kalau ada yang positif, kami akan usut dan cari sumbernya. Untuk hasilnya sendiri, hari ini juga akan keluar,” sebut Agus.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Sumedang Suranto menambahkan, kegiatan test urine tersebut dilakukan untuk penguatan tugas dan fungsi petugas lapas sekaligus sosialisasi bahaya narkoba.

Suranto juga menerangkan, jika ancaman bagi penyalahguna narkotika dilingkungan lapas bukanlah main-main.

“Kalau petugas yang salah kita pecat, kalau warga lapas, itu kita lanjutkan untuk perkara baru lagi,” terangnya.

Sedangkan untuk mekanisme test urine sendiri, lanjut Suranto, pihak lapas tidak akan turut campur untuk mengatur jalannya test

“Kita mempersilahkan kepada BNNK untuk memilih siapa yang di test. Tidak kita atur, makanya kita random saja,” tuturnya. (bay)