oleh

Kepala SDN Narimbang 1, Iis Rukmaesih Lakukan Banyak Terobosan

Jadikan sekolah sebagai rumah kedua. Hal itu diwujudkan Kepala SDN Narimbang 1, Iis Rukmaesih SPd SD. Sejumlah terobosan dilakukannya semenjak dilantik menjadi kepala sekolah yang baru berjalan beberapa bulan. Berikut liputannya.

SUMEDANGESKPRES.COMSekolah yang nyaman, sudah barang tentu akan mempermudah proses belajar. Para siswa akan betah dan asyik belajar, hingga mampu menyerap ilmu dengan baik. Hal itu, utamanya dilakukan di sekolah dasar yang merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia.

Kenyamanan ini, diutamakan SDN Narimbang 1 yang berada di Dusun Jambu Sakola RT 1 RW 1 Desa Jambu Kecamatan Conggeang. Dibawah kepemimpinan Kepala SDN Narimbang 1, Iis Rukmaesih SPd SD yang baru beberapa bulan menjabat, sekolah yang jauh sebelumnya terkesan kumuh, mendadak berubah.

Iis Rukmaesih yang sebelumnya merupakan wali murid dan dilantik menjadi Kepala SDN Narimbang 1 pada 6 Desember 2019 itu, langsung tancap gas melakukan terobosan. Dia berkeinginan, menjadikan sekolah yang dipimpinnya itu, sebagai rumah kedua bagi para anak didiknya, termasuk guru.

Diantaranya, Iis melakukan renovasi bangunan sekolah berupa pengecatan. Kemudian, membuat lapangan parkir kendaraan, menata lingkungan atau pelataran sekolah guna menunjang aktivitas siswa di luar kelas, seperti olahraga termasuk untuk upacara.

Disamping itu, dalam menunjang lingkungan sekolah yang asri dan nyaman, Iis juga menggandeng Dinas Pertanian untuk bantuan pengadaan tanaman produktif. Dari sana, siswa yang jumlahnya mencapai 236 itu, juga dapat terarahkan pada rasa cinta lingkungan. Berkaitan dengan ini, kepsek yang ramah itu, pun menggandeng juga Dinas Lingkungan Hidup untuk pengadaan tong sampah.

“Alhamdulillah responnya baik, kita dapat bantuan tanaman dan juga tempat sampah. Ini juga sebagai langkah untuk membuat siswa belajar dengan nyaman. Lingkungan sekolah kan jadi baik. Dan saya bertekad untuk menjadikan sekolah ini sebagai rumah kedua bagi para siswa dan juga guru-guru. Dari sana kita juga ada sumbangan tanaman hias atau bunga dalam pot, baik itu dari orangtua siswa dan lainnya, untuk ditempatkan di depan setiap ruang kelas atau lungkungan sekolah ini,” ujarnya, kepada Sumedang Ekspres, Rabu (12/8).

Tidak hanya itu, disamping membuat terobosan untuk menunjang pendidikan para siswa, Iis juga memperhatikan kenyamanan para guru. Yang sebelumnya guru di SDN Narimbang 1 ini tidak memiliki meja, paska dilantik, Iis langsung menyediakan meja guru. “Sebelumnya tidak ada sama sekali. Berkas dan arsip setiap guru jadi numpuk dan bercampur. Dulu yang ada di ruang guru hanya kursi dan meja tamu saja,” tuturnya.

Semua langkah yang dilakukan Iis Rukmaesih, tidak terlepas juga dari bantuan pihak lainnya. Seperti Komite Sekolah yang diketuai Moh Syahroni dan juga para alumni SDN Narimbang 1. Alumni sekolah yang kini memiliki grup di aplikasi WhatsApp pun, aktif juga dalam menunjang pengembangan sekolah. Seperti dari H Dian yang merupakan salah seorang alumni, pihak sekolah mendapat bantuan baja ringan dan pasir.

“Banyak yang mendukung dan memberi bantuan. Seperti dari para alumni. Selain dapat bantuan baja ringan dan pasir dari H Dian untuk tempat parkir ini yang sudah kitan warnai juga untuk menghindarkan siswa buta warna, dan untuk upah tukangnya dibantu oleh para alumni itu juga. Mereka (alumni) aktif juga karena ada juga grup WhatsApp-nya untuk kemajuan sekolah ini,” ujarnya.

Meski sudah banyak terobosan yang dilakukan, Iis pun masih memiliki sejumlah program lainnya untuk pembangunan sekolah. Seperti pemasangan paving block di lapangan sekolah. Meskipun saat ini, sudah ada sebagian bantuan yang dipasang, namun masih terbilang kurang. Sebab, lapangan itu nantinya dapat dipergunakan banyak kegiatan lainnya.

“Tentu masih ada program lainnya yang saya ingin wujudkan agar sekolah itu benar-benar terasa seperti rumah kedua. Dan langkah ini saya lakukan, tak lepas dari bantuan para guru, komite, alumni dan yang lainnya. Siswanya dapat belajar nyaman, dapat menyerap ilmu dengan baik. Meski saat ini dilakukan belajar dari rumah secara daring,” tuturnya.

Iis juga, kini tengah bersiap untuk menyediakan program penyediaan air minum untuk para siswa. Pihaknya akan menggandeng Kangen Water untuk penyediaan airnya. “Nantinya siswa minum air higienis dari yang sekolah sediakan. Ini juga untuk membuat siswa sehat, dan dengan sehat dapat belajar dengan baik,” sebutnya.

Iis yang sebelumnya mengajar seni, membidik juga raihan prestasi siswa dalam bidang non akademik. Dirinya, sudah mengadakan sejumlah fasilitas pendukung, seperti alat-alat olahraga. Termasuk untuk ekstrakurikuler siswa. Sejumlah kebutuhan, kini mulai dilengkapi.

“Sejumlah alat untuk olahraga sudah kita siapkan. Termasuk tadi, dengan adanya tempat parkir yang lumayan luas, kita gunakan juga untuk tempat tenis meja. Jadi sekarang tidak bongkar pasar tempat tenis meja. Dan kita juga tengah membidik pada pelatihan bulutangkis, kita juga datangkan pelatih khusus. Dan sebelum korona ini sudah berjalan, lokasinya di GOR Desa Jambu, banyak dukungan lah untuk sekarang ini. Dan kedepannya juga, saya ingin mengadakan shalat dhuha bersama, mengadakan tausiyah dua minggu sekali, ada kultum sebelum belajar dan juga membaca alquran sebelum belajar,” tukasnya.

Terakhir, Iis menyampaikan, dirinya kedepan ingin membuat koperasi sekolah yang diperuntukan bagi para siswa. “Jadi tidak perlu jauh beli kan kalau siswa sedang belajar mendadak kebahisan pulpen atau penghapus atau juga lainnya. Nanti juga rencananya dikelola sekolah, dan karena ini koperasi ada pembelian pasti ada laba. Nantinya diperuntukan juga untuk kesejahteraan guru,” katanya.

Disamping itu semua, pada tahun ajaran sebelumnya, di SDN Narimbang 1 ini, dengan lancar memberikan tabungan siswa di sekolah. “Alhamdulilah tidak ada kendala. Semua tabungan siswa kelas enam dibagikan kepada siswa seuai dengan jumlahnya dari setiap siswa,” tutupnya.

Progres di SDN Narimbang 1 ini, dirasakan juga para gurunya. Mereka merasa nyaman, termasuk dengan pengadaan meja guru dalam menata lingkungan sekolah. Guru-guru pun jadi tambah semangat dalam membimbing siswa untuk menuntut ilmu.

Seperti diakui Guru Penjas SDN Narimbang 1, Puji Lesmanawati S SPd. “Mungkin karena ibu kepala (Iis Rukmaesih) sebelumnya merupakan guru juga, jadi langsung melakukan terobosan ini. Ya dari pengalamannya mendidik mungkin ya, jadi terasa kemajuannya. Ibu juga dalam kemajuan ini ikut gerak, tidak hanya inih ituh lah. Dan juga mampu meraih sejumlah pihak termasuk para alumni yang akhirnya telah memberi bantuan,” sebutnya.

Puji pun membenarkan, bahwa sebelumnya tidak ada meja guru di ruang para guru. Namun baru dilantiknya Iis menjadi kepala sekolah, langsung disediakan. “Iya memang benar, tapi langsung disediakan,” uangkapnya.

Disamping itu, Puji menambahkan, bahwa kepala sekolahnya itu, memperhatikan juga fasilitas penunjang belajar siswa. Seperti untuk olahraga. Dan bahkan untuk kegiatan eskul siswa ikut diperhatikan. “Kita juga sempat sampai jadi juara pidato di kabupaten. Di sini juga ada sekul membatik. Dan baru-baru ini kita membidik bulutangkis, karena belum ada untuk di Conggeang ini,” tukasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed