oleh

Kinerja PDAM Tirta Medal Cimanggung Dipantau

CIMANGGUNG – Komisi D DPRD Kabupaten Sumedang, perizinan dan Pengendalian Pembangunan (Dalbang), mengadakan kunjungan kerja ke wilayah Cimanggung dan Jatinangor, kemarin (15/11).

Kunjungan tersebut, untuk melihat secara langsung kesiapan PDAM Tirta Medal Cabang Cimanggung dalam pipanisasi sambungan ke pelanggan yang saat mulai berjalan. Giat itu, berlanjut ke komplek perumahan Griya Sampurna, pembangunan Puskesmas Sawahdadap dan Puskesmas Cisempur Jatinangor.

Ketua Komisi D Dadang Rohmawan SE mengatakan, kunjungan kerja itu salah satunya bertemu secara langsung dengan jajaran PDAM Tirta Medal Cabang Cimanggung, yang sejak 2016 mulai beroperasi. Pihaknya memantau sejauh mana sosialisasi yang dilaksanakan kepada masyarakat.

Selain itu, keberpihakan dari pemerintahan setempat tentang alih fungsi lahan yang memang hubunganya dengan perumahan dan pemukiman. Di mana ada perusahaan daerah yang salah satunya di bidang air hingga di persyaratkan itu harus dijadikan dasar bagi siapa pun pengembangnya.

“Apabila akan melakukan kegiatan usaha khususnya pemukiman, harus melampirkan surat kemampuan atau ketidak mampuan dari PDAM yang ada di wilayah setempat khususnya di Cimanggung,” terang Dadang.

Untuk itu, menurutnya, harus bersinergi antara pemerintah daerah khususnya PDAM dan dunia usaha yang ada di wilayah. “Bagi PDAM tidak boleh bicara siap tidak siap dalam pelayanan kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan pasokan air bersih. Jika tidak siap, ya sebaiknya mundur saja,” ungkapnya.

Sebaiknya, pelanggan itu harus mendapatkan prioritas PDAM bila mengajukan permohonan sambungan air bersih. Sebab perusahaan milik daerah, dalam hal ini yang bertanggujawab sepenuhnya adalah bupati.

“Masyarakat meminta jika PDAM tidak siap yang harus mundur, karena tidak bisa memenuhi keinginan masyarakat atas pelayanan air bersih,” tegasnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed