oleh

Kisah Suyati, Penari Umbul yang akan Berangkat Umrah

Masih ingat dengan Suyati (77) penari umbul tertua yang mendapat hadiah Umrah dari Istri Wakil Gubernur Jawa Barat R Giselawati Wiranegara Deddy Mizwar? Kini wanita berusia77 tahun tersebut siap melakukan ibadah umrah. Seluruh persiapan telah dilakukan. Termasuk, kelengkapan administrasi seperti Vaspor, visa dan sebagainya. Berikut liputannya.

ATEP BIMO ARIO SUTEJO, Paseh

SEBENTAR lagi mimpi Suyati (77) menjadi kenyataan. Ya, pemenang hadiah umrah dari istri Wagub Jabar, R Giselawati Wiranegara Deddy Mizwar itu akan berangkat menunaikan ibadah umrah ke tanah suci Makkah.

Seperti diketahui sebelumnya, Suyati merupakan salahsatu peserta tertua dalam gebyar tari Umbul yang diselenggarakan Pemerintah dan warga Kecamatan Paseh. Sebagai peserta tertua, ia mendapatkan hadiah untuk melakukan ibadah umrah dari Istri Wakil Gubernur Jabar, R Giselawati Wiranegara Deddy Mizwar.

Warga Dusun Sukahurip RT 02/01 Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh merasa bahagia mendapatkan hadiah tersebut. Suyati tidak mendapatkan firasat apapun akan mendapat hadiah umrah.

“Saya sangat bangga mendapatkan hadiah yang tidak disangka-sangka ini. Sebelumnya, saya tidak mendapatkan firasat atau tanda-tanda apapun. Alhamdulillah, karena tari umbul saya bisa melakukan umrah,” kata Suyati beberapa waktu lalu.

Kini, setelah beberapa bulan berlalu, Suyati sudah siap berangkat melakukan ibadah umrah. Berbagai persyaratan administrasi terkait kelengkapan umrah sudah dilengkapi oleh Pemprov Jabar. Seperti, paspor, visa dan lain-lainnya.

“Bu Suyati akan berangkat pada tanggal 9 Desember 2016 mendatang. Berbagai persyaratan sudah dipenuhi, hanya tinggal berangkat,” ujar Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Paseh, Ate Hadan Adigunawan kepada Sumedang Ekspres melalui selulernya, Rabu (16/11) kemarin.

Dikatakan Ate, Suyati berangkat melakukan ibadah umrah tidak seorang diri. Rencananya, sambungnya, ia akan berangkat dengan rombongan dari Provinsi Jawa Barat. “Rombongan sendiri cukup banyak jumlahnya. Jadi tidak perlu dikhawatirkan tidak ada yang menemani,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Legok Kaler, Uso Sukarsa merasa bahagia salahsatu warganya akan melaksanakan ibadah umrah. Sebutnya, ibadah umrah tersebut merupakan apresiasi dari semangat Suyati ikut menjadi salahsatu peserta tari umbul.

“Meski sudah terbilang berumur, Bu Suyati masih semangat untuk melakukan tari umbul. Mungkin hal tersebut diapresiasi oleh istri Wagub Jabar. Semangat tersebut patut dicontoh oleh anak-anak muda sekarang,” kata Uso.

Uso mengucapkan terima kasih kepada Istri Gubernur Jawa Barat khususnya dan Pemprov Jabar pada umumnya. Sebab, karena merekalah warganya mendapatkan hadiah umrah.

“Terima kasih kepada Bu Giselawati beserta rombongan yang datang saat melakukan Tari Umbul. Hingga, karena itu warga kami dapat melaksanakan ibadah umrah,” terangnya.

Uso berharap ibadah umrah yang dilakukan Suyati dapat berjalan lancar hingga kembali ke tanah air. Tidak hanya itu, sebutnya, diharapkan pula agar semua ibadah yang dilakukan Suyati dapat diterima oleh Allah SWT.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Tidak ada halang rintangan yang akan mengganggu. Baik pada saat melakukan ibadah umrah ataupun sewaktu pulang ke tanah air,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed