KKN Unpad Siap Bantu Perajin UKM

JATINANGOR – Upaya menciptakan One Village One Product, Pemerintah Desa Jatimukti Kecamatan Jatinangor, menggenjot tiap RW untuk meningkatkan produk UMKM di wilayahnya. Hal itu, karena program Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, yang ingin membuat ekonomi kreatif sebagaimana Visi Misi Sumedang Simpati.

Kades Jatimukti Kecamatan Jatinangor, Roni Hermawan S.Ud mengatakan, di wilayahnya ada tujuh RW yang tiap-tiap RW-nya memiliki usaha sendiri. Seperti Telur asin di RW 05, Opak Rangginang di RW 01, Keripik Singkong RW 03 dan beberapa produk UMKM lainnya.

“Kami mencoba membumikan kembali usaha UMKM di desa kami. Sebetulnya ada bumdes namun karena pergantian kepemimpinan kades sempat vakum. Sekarang dikembangkan lagi,” katanya, kemarin (16/7).

Menurut Roni, kebetulan di desanya ada mahasiswa KKN Unpad yang sedang praktik kuliah tematik kewirausahaan. Sehingga, program One Village One Product bisa dibantu mahasiswa Unpad.

“Saya sangat mendukung Kegiatan KKN Unpad, diharapkan muncul produk-produk UKM Desa Jatimukti yang laku di pasaran. Termasuk booming lewat medsos masing-masing mahasiswa,” harapnya.

Sebab, kata Roni, pada acara pelepasan mahasiswa KKN, pihak desa dan kecamatan yang wilayahnya akan dijadikan tempat KKN, diundang oleh pihak Unpad bersama Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir. “Apalagi diketahui dan diresmikan bupati Sumedang, Mudah-mudahan program ini berjalan, minimal memotivasi warga untuk berwirausaha,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KKN Kelompok 22 Desa Jatimukti, Della yang diwakili Azhar Fadlianto mengatakan, akan berusaha semampu tenaga dan pikiran untuk ikut mengembangkan produk ekonomi kreatif di Jatimukti. Itu pun, sejalan dengan tugas kuliah dan program kerjasama dengan USAID dan Kemenristekdikti untuk  membantu pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan.

“Saat ini tahapannya baru ngedata saja di tiap-tiap RW. Nanti kita kumpulkan kendalanya apa, kesulitannya apa dan apa yang bisa kita bantu dari segi pengemasan maupun pemasarannya ke media sosial,” tandasnya. (imn)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.