Kolase Sejarah dan Kebudayaan Islam Diterbitkan **Bentuk MAN 1 Sumedang Dukung Literasi

CIMALAKA – Literasi dan kehidupan anak-anak remaja sekarang/milenial, cukup memiliki jarak yang sangat lebar. Hal itu, menjadi latar belakang seorang Guru Sejarah dan SKI MAN 1 Sumedang, Dodi Partawijaya menyusun sebuah buku berjudul ‘Kolase Sejarah dan Kebudayaan Islam’.

Menurutnya, kesadaran sejarah literasi yang mulai tumbuh di pikiran pikiran remaja. Kemudian, kemauan untuk menuangkan pengetahuan yang didapat menjadi sebuah tulisan, adalah sebuah hal yang patut diapresiasi.

“Buku Kolase Sejarah dan Kebudayaan Islam sendiri dibuat tanggal 24 Juni 2019. Lama pengerjaan kurang lebih 1,5 bulan dan diterbitkan oleh rumah literasi publishing,” ujar Dodi saat mengawali perbincangannya, kemarin (17/7).

Menurut Dodi, buku ini menggambarkan antologi puisi. Isi buku tersebut melingkupi kajian-kajian sejarah umum manusia purba di Indonesia dengan sejarah dan uraiannya serta sejarah kebudayaan Islam pada masa Khalifah Khalifah Khulafaur Rosyidin sampai zaman Bani Abbasiyah.

“Di situ dijelaskan kiprah para khalifah yg ada di zamannya. Seperti Ali bin Abi Thalib, Utsman bin Affan, Umar bin Khatab serta Abu Bakar,” tuturnya.

Dodi menuturkan, dirinya merasa bersyukur masih bisa membuat sebuah karya kecil nan sederhana melalui sebuah perjalanan panjang. “Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa atas karunia-Nya lah sehingga amal usaha kami sebagai anak bangsa masih terus berlangsung. Karena, kemurahannyalah kami semua di sampaikan pada ujung cerita perjalanan panjang penyusun buku kecil nan sederhana ini,” paparnya.

Dijelaskan, anak-anak yang menulis buku ini, hadir dengan semangat tinggi. Rasa berharap akan bimbingan dari para guru berpengalaman, lalu berbuat dengan fikiran, tangan dan hati yang ikhlas untuk mewujudkan suatu karya berguna.

“Sebagai pembimbing saya sangat terharu dengan semangat mereka. Karenanya, dengan segala kesibukan yang tak pernah henti saya terus ingin menyertai mereka, sehingga hadirlah buku ini tepat pada waktunya,” jelas Dodi.

Diakui Dodi, masih banyak kekurangan dalam segala hal, tetapi atas kerendahan hati dan semangat terus berkarya segala bentuk kritik dan saran tentunya sangat diharapkan. “Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Khususnya untuk siswa siswi MAN 1 Sumedang, umumnya semua agar supaya menumbuhkan minat baca dan kecakapan literasi,” harap Dodi.

Dodi mengucapkan terima kasih ke berbagai pihak yang mendukung terciptanya buku Kolase Sejarah dan Kebudayaan Islam. Diantaranya, IU Rusliana (Anggota BAN S/M Prov Jabar), DR Dadan Rahadian MSi (Pengawas Kemenag Kab Sumedang), Abdul Haris MAg (Kamad MAN 1 Sumedang), Roni Tabroni MA (Kandidat Doktor sarjana UNPAD), Handri S Budiman (Pimred Sumedang Ekspres) dan Rumah Literasi Publishing. “Semoga menjadi amal sholeh bagi kita semua,” tutupnya. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.