Komisi C Segera Sidak, Kepsek Bantah Siswanya Demo

Peliput/Editor: m iqbal/iman nurman

Komisi C Segera Sidak, Kepsek Bantah Siswanya Demo

GERAK JALAN: Siswi SMAN Tanjungsari saat menggelar gerak jalan, belum lama ini. (DOK JATEKS)

TANJUNGSARI- Kepala SMA Negeri Tanjungsari, Dra Hj Riyah, membantah bahwa siswa-siswinya telah melakukan aksi unjuk rasa bahkan mogok belajar pada Senin (19/10) lalu. Menurutnya, demo sebagaimana dalam berita sebelumnya yang mempertanyakan kejelasan alokasi dana sebesar Rp1.320.000 yang dibebankan kepada siswa-siswi, itu tidak benar.

“Kemarin itu bukan demo, hanya mempertanyakan saja,” ujarnya saat ditemui Jateks di ruang kerjanya, Kamis (22/10).

Terkait alokasi dana tersebut, ia mengaku sudah menjelaskanya kepada para siswa bersama komite sekolah, bahwa uang tersebut untuk keperluan personal siswa itu sendiri. Namun terkait rinciannya ia tidak bisa menjelaskan dengan alasan bukan kapasitasnya meskipun seorang kepala sekolah.
“Semua itu kembali kepada mereka (siswa, red). Dan rinciannya itu bukan saya yang mengatur,” ujarnya lagi.

Menanggapi permasalahan itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sumedang yang membidangi pendidikan, Nurdin Zaen, mengaku prihatin mendengar kabar tersebut. Menurutnya, keadaan tersebut tidak lazim terjadi di sekolah sekelas negeri.

“Kalau siswa sudah berani melakukan aksi seperti itu, berarti keadaannya sudah parah,” kata Nurdin.
Dengan begitu, kata dia, pihaknya akan mempertanyakan masalah tersebut kepada pihak terkait dengan melakukan kunjungan lapangan langsung dalam waktu dekat.

“Sekarang kan lagi ramai diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kami juga akan kunjungi sekolah tersebut,” ucapnya.

Namun ia juga mempertanyakan keberadaan komite sekolah yang mempunyai kapasitas sebagai pengawas kebijakan sekolah. Untuk itu, ia juga akan memanggil komite sekolah.
“Yang jadi masalah komite sekolahnya bergerak atau tidak, apakah tahu alokasi dana tersebut kemana saja,” tuntasnya. (iqi)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.