Kompetensi Sains Madrasah Dibuka

CIMALAKA – Kepala Kementerian Agama Kantor (Kemenag) Kabupaten Sumedang, H Hasen MAg membuka kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Sumedang di Aula MAN 1 Sumedang, Sabtu (20/7).

Kegiatan KSM ini, merupakan program tahunan dari Kementerian Agama yang diselenggarakan secara bertahap. Mulai dari seleksi tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten, provinsi sampai nasional.

KSM tahun ini bertema ‘Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat’. Acara sendiri diikuti sebanyak 753 peserta dari tingkat MI, MTs dan MA, baik negeri maupun swasta yang ada di kabupaten Sumedang.

Kepala Kementrian Agama Kantor Kabupaten Sumedang, H Hasen menyatakan dirinya mengemban amanat perjuangan bangsa dan KSM merupakan bagian terpenting di dalamnya. KSM juga, merupakan perjuangan yang mencakup bidang pendidikan.

“Indonesia sebagai ladang sektor sains, untuk itu dengan KSM ini bagaimana sains dan pendidikan madrasah menjadi satu kesatuan,” ujar Hasen.

Dijelaskan, sistem pendidikan madrasah mempunyai kelebihan di berbagai bidang. Di antaranya, dengan mengintegrasikan mata pelajaran sains dan agama. Untuk itu, dia berharap agar madrasah harus sudah mempersiapkan diri di Era 4.0 atau abad industri digital, abad 21 ini.

“Dengan adanya kurikulum madrasah yang terintegrasi antara pelajaran umum dengan pelajaran agama sehingga perlu disusun dan dibentuk Team Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten,” harapnya.

Hasen pun meminta pula kedepannya agar kegiatan KSM ini lebih gebyar. Karena, banyak media yang bisa digunakan seperti facebook untuk menggebyarkan kegiatan ini.

Ketua Panitia KSM Drs H Abdul Haris mengapresiasi kinerja para panitia yang telah bekerjasama dalam menyelenggarakan KSM. Khususnya, bagi para steakholder dari mulai tingkat madrasah maupun jajaran kementrian agama atas segala jerih payah yang telah dilakukan hingga terselenggaranya kegiatan KSM ini.

Seorang guru MTs Persis Sumedang Mahdi mengatakan pihaknya (MTs Persis Sumedang-red) pada tahun ini mengikutsertakan peserta KSM lebih bantak dibandingkan dengan tahun lalu, dari tiga orang menjadi orang orang. Masing masing bidang diwakili 1 orang dari tiap kelas untuk bidang Matematika, IPA dan IPS terintegrasi dengan PAI. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.