KONI Targetkan12 Besar Porda

KOTA – Bupati H Eka Setiawan mengukuhkan bapak angkat bagi Cabang Olahraga (cabor) Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang. Mereka, adalah para kepala SKPD, unsur Forkopimda, ketua DPRD beserta jajaran, pimpinan perbankan dan pimpinan BUMD. Pengukuhan ini, dilakukan jelang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat Tahun 2018.

Ketua KONI Kabupaten Sumedang Drs H Ali Bajri mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sumedang yang menerbitkan Surat Keputusan Bupati tentang Bapak Angkat Cabang Olahraga Kontingen Kabupaten Sumedang.
“Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Sumedang yang telah memperhatikan kami, dengan mengukuhkan bapak angkat dalam menghadapi Porda XIII Jawa Barat Tahun 2018, yang diawali dengan mengikuti babak kualifikasi dimulai pada Agustus 2017,’’ kata Ali.

Dikatakan Ali, sesuai Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) 2016, target KONI Kabupaten Sumedang pada Porda XIII adalah masuk peringkat 12 besar se-Jawa Barat. Menurut Ali, hal tersebut mengacu kepada prestasi Kontingen KONI Kabupaten Sumedang yang meraih peringkat 15 besar pada Porda XII Tahun 2014 .
“Jumlah kontingen KONI Kabupaten Sumedang, terdiri dari 607 atlet dan official dengan 35 Cabang Olahraga, berkeinginan mencapai target 12 besar, kalau perlu 10 besar,’’ ungkapnya.

Terang Ali, atlet dan official cabor yang akan bertanding pada babak kualifikasi sebanyak 280 orang yang terdiri dari 8 orang dari setiap cabor, tiga orang pengurus serta 5 orang atlet. “Saya mohon restu dari semua pihak, baik Pemerintah Daerah maupun masyarakat Sumedang, agar kontingen Kabupaten Sumedang meraih sukses pada babak kualifikasi, sehingga dapat membawa nama baik serta menjaga martabat dan kehormatan Kabupaten Sumedang di Tingkat jawa Barat,” imbuh Ali.

Selain itu, lanjut Ali, keputusan Pemda mengukuhkan bapak angkat, merupakan bentuk motivasi serta dorongan moril serta materil kepada para atlet. Menurut Ali, dalam rangka mempersiapkan babak kualifikasi, KONI mempersiapkan 500 atlet bayangan. “Dengan dikukuhkannya bapak angkat, berarti memudahkan pembinaan kami kepada para atlet. Insya Allah, atlet Sumedang sudah bertekad bulat ingin mengibarkan bendera Sumedang baik di babak kualifikasi maupun Porda XIII yang akan datang,” tukas Ali.

Sementara itu, Bupati Eka menyampaikan apresiasinya bisa bersilaturahmi dengan para pejuang olahraga sumedang. Menurut Eka, dengan dikukuhkannya bapak angkat, merupakan bukti adanya dorongan dari pemerintah daerah kepada olahraga. “Memang APBD yang dimiliki Sumedang ini masih sangat kecil untuk pembinaan olahraga, saya melihat kalau ingin maju bidang olahraganya ya harus diberikan anggaran yang cukup. Insya Allah nanti pada perubahan, anggaran untuk olahraga di tahun 2018 akan kita tambahkan,’’ ujarnya.

Dikatakan Eka, bapak angkat dikukuhkan dengan tujuan untuk menambah energi buat para atlet dari 35 cabor yang akan bertanding pada Porda XIII 2018. Menurutnya, para atlet diberikan kebebasan untuk menemui bapak angkat mereka masing-masing. “Tidak boleh ragu-ragu bertemu dengan para bapak angkat, nanti laporkan kepada saya apabila kurang perhatian dari mereka. Para bapak angkat dikukuhkan hari ini untuk menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat dalam rangka mendukung olahraga di Sumedang,” kata Eka.

Ditambahkan Eka, para bapak angkat akan diberikan SK sehingga kinerja para bapak angkat lebih maksimal. Hal tersebut bertujuan agar cita-cita KONI beserta para atlet untuk mencapai target 12 besar se-Jawa Barat tercapai. “Saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila fasilitasi Pemda masih minimal. Semoga atlet-atlet KONI bisa mengharumkan nama baik Sumedang,” ungkap Eka. (her)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.