Korban Longsor Harap Bantuan

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Korban Longsor Harap Bantuan

BERSIHKAN LONGSOR: Mupika Darmaraja gotong royong membersihkan material longsor yang menimpa rumah Wawan warga Dusun Citatah Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja

DARMARAJA – Longsor tebing, menimpa salah satu rumah warga RT 03 RW 05 Dusun Citatah Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja, pukul 15.30 Selasa (7/11) lalu. Warga bersama muspika dan organisasi masyarakat (ormas), gotong royong membersihkan material longsor yang menimpa rumah permanen ukuran 6×9 milik Wawan.

Kepala Desa Ranggon Oo Somantri menyebutkan, kejadian tersebut berlangsung saat intensitas curah hujan pada waktu itu cukup tinggi. Kondisi tanah yang labil membuat pergerakan pada tanah. Dan meski kondisi tebing sudah memakai Tembok Penahan Tebing (TPT), tetap saja tidak kuat menopang tanah tersebut.

“Longsor tebing itu menimpa satu rumah milik warga bagian sampingnya,” ucapnya, kemarin (9/11).

Dikatakan, tebing sepanjang 22 meter dengan ketinggian 3,5 meter itu, ambruk seketika yang membuat pemilik rumah dan tetangganya kaget.

“Kejadian itu sempat kagetkan warga karena saat matrial menimpa pinggir rumah salah satu warga itu mengeluarkan bunyi benturan cukup keras,” ucapnya.

Untungnya, saat kejadian pemilik rumah tengah berada di ruang tengah. Sehingga tidak ada korban dalam musibah itu.

“Untung saja tidak ada pemilik rumah yang sedang berada di kamar,” ucapnya.

Dia menyebutkan, di Desa Ranggon yang rawan bencana longsor memang hanya di Dusun Citatah saja. Hal itu dipengaruhi letak geografis di wilayah tersebut berundak dan bertebing.

“Kalau di desa ini hanya Dusun Citatah saja yang rawan longsor,” ucapnya.

Dikatakan kades, akibat pristiwa tersebut warga mengalami kerugian sekitar Rp 45 juta. Dia berharap, ada bantuan dari intansi-intansi terkait untuk korban bencana. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.